Pasar Modern vs Pasar Tradisional

Belakangan ini saya sangat prihatin dengan perkembangan supermarket, minimarket atau apalah itu namanya, pokoknya semua jenis pasar modern.
Bukan..bukan.. saya tidak anti dengan itu semua, justru sekarang ini saya jadi pelanggan setia mereka.

Yang menjadi keprihatinan saya adalah, perkembangannya yang meraja lela itu sebenernya secara perlahan-lahan menutup lapak-lapak kecil yang jualannya tidak selengkap pasar modern ini.

Ya.. nggak apa-apa sih kalaupun pasar-pasar modern ini berkembang pesat, tapi ya maunya jangan lah jaraknya terlalu dekat dan membuat para pedagang-pedangang eceran, gerobak sayur dan pedagang tradisional lainnya itu gigit jari dan bahkan membunuh penopang hidup mereka secara perlahan. Baca lebih lanjut

Iklan

Daya Tarik Social Networking

Saya punya account facebook (FB) sudah sejak tahun 2008 kalau tidak salah. Saat itu facebook belum se-booming sekarang. Friendster (FS) saat itu masih cukup mendominasi, bisa dikatakan ratingnya si FS saat itu masih lebih tinggi dari FB.

Waktu kuliah saya dan teman-teman sangat menggilai FS. Setiap kali terhubung dengan internet, salah satu situs yang wajib dibuka oleh hampir semua mahasiswa, bahkan juga dosen adalah friendster. Mau internet selambat apapun,  pasti betah deh nungguin halaman Utama (Home) FS terbuka.

Apa yang menarik dari FS? Baca lebih lanjut

Laptop dan Meja Impian ;)

Sudah sedari lama sekali, aku ingin punya Laptop/Notebook sendiri terutama setelah aku putuskan untuk melanjutkan kuliah lagi mengambil Sarjana di bidang Sistem Informasi di salah satu kampus di bilangan Jakarta Barat pada september 2008. Selain sebagai kebutuhan untuk mengerjakan tugas-tugas, juga untuk membantuku melampiaskan hobiku nge-blog. Tapi keinginan itu tak kunjung bisa aku realisasikan dikarenakan tingginya kebutuhan hidup seperti uang kost, uang makan, ongkos, pakaian, sepatu dan yang terpenting, biaya perkuliahanku yang cukup besar untuk ukuran kantongku (Dari awal aku memang sudah bertekad mendanai seluruh biaya perkuliahan sendiri tanpa membebankan orang tuaku lagi). Pada akhirnya niat itu aku urungkan dulu. Toh aku masih bisa meminjam laptop pacarku atau temanku yang lain kataku dalam hati.

Terkadang saat ada uang lebih, aku kepikiran lagi untuk beli benda pintar itu. Tapi lagi-lagi aku urungkan dengan berbagai macam pertimbangan dan prioritas yang lebih penting. Toh si pacar juga tidak keberatan laptopnya berlama-lama aku pinjam (terutama saat skripsi, sampai aku hampir lupa kalo laptop itu bukan milikku saking lamanya laptop itu berada di tanganku :D). Sampai akhirnya aku lulus pada akhir Juni 2010 yang lalu, aku tetap juga belum memiliki laptop pribadi yang kuimpi-impikan itu. Namun, Puji Tuhan semuanya terlewati, tanpa harus memaksakan diri membeli laptop :). Baca lebih lanjut

Review Buku: Robinson Crusoe

Judul          : Robinson Crusoe
Pengarang : Daniel Defoe
Penerbit    : Bentang
Jumlah Halaman: 385

Review dariku:
Buku ini adalah buku jenis Petualangan.
Aku cukup merekomendasikan buku ini, terutama bagi kamu-kamu yang suka cerita petualangan.
Kelebihan buku ini adalah: di dalam buku ini banyak terdapat self-talking atau berbicara dengan diri sendiri.
Kenapa aku bilang kelebihan, karena ketika si tokoh berbicara dan bergumul dengan dirinya sendiri (baca: hatinya), secara emosional kita jadi terlibat dengan si tokoh yang bercerita, seolah-olah kita adalah si tokoh itu sendiri. Baca lebih lanjut

Selamat Ulang Tahun Hasian :)

Hari ini, tanggal 15 Oktober 2010, genap sudah usiamu 25 tahun. Seperempat abad sudah kehadiranmu di dunia.

Ini adalah masanya meniti karir, memikirkan masa depan, dan menyongsong kehidupan yang lebih baik. Doaku tidak muluk-muluk, aku berharap hubunganmu dengan Tuhan semakin dekat. Karena aku yakin kala hubungan kita denganNya semakin dekat kita akan semakin matang dalam menjalani hidup dan semakin mantap pula menatap masa depan. Bukankah DIA berkata “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu“? (Mat 6: 33). Baca lebih lanjut

Jangan Mau Jadi Robot

Di sore hari sekitar pukul 4, kala otak ini sudah mulai berpikir “pulang.. pulang“, ada satu kerjaan lagi yang mesti aku selesaikan. Mengantarkan laporan bulanan kepada sekretaris pemilik perusahaanku bekerja dan kepada salah satu pimpinan anak perusahaan yang di dalamnya aku terlibat dalam pembuatan laporan bulanan penjualan.

Sebelum melangkah ke lift, terlebih dulu aku memeriksa angka-angka yang tertera di laporan-laporan tersebut. Tapi tidak keseluruhan, hanya kumulatif bulanannya saja. Detailnya tidak aku periksa karena aku sendiri merasa tidak punya selera membaca angka-angka itu. Selain itu, (dan yang terutama) karena aku juga malas memeriksa lembar-per-lembar setebal 74 halaman laporan itu. Yang benar saja, aku bukan orang yang begitu betah memandangi satu persatu barisnya dan mencocokkannya dengan data yang ada di database-ku. Baca lebih lanjut

Pilihan Hidup

Setiap hari kita selalu diperhadapkan dengan pilihan. Mulai dari hal-hal sepele sampai hal-hal yang kompleks. Setiap saat. Setiap hari kita selalu jadi pembuat keputusan, ada kalanya keputusan yang sudah terlanjur kita buat kita sesali. Tapi ada masanya juga kita syukuri. Yang pasti setiap pilihan yang kita putuskan selalu ada konsekuensi atau resikonya.

hmm.. tunggu. pembahasan ini terlalu berat, sebaiknya aku menceritakan yang lebih sederhana. Sebenarnya tulisan ini muncul dari pikiranku, saat pagi ini aku memutuskan naik metromini 07 ke suatu tujuan, pada awalnya aku ada rencana naik ojek aja atau naik taxi, karna toh tujuannya gak terlalu jauh. Baca lebih lanjut