Keluarga Kecilku

SIPOHOLON, Tempat Lahirku.

Kata Mama, aku lahir di Sipoholon. (Loh.. kok kata Mama?)
Tentu saja, karna aku tak pernah tau kebenarannya.
Tapi aku percaya pada Mama yang melahirkanku, bahwa aku lahir di sana. Di sebuah rumah kecil, di desa Dangsina-Sipoholon. Dekat Tarutung. Tapanuli Utara.
Sebuah daerah di Sumatera Utara.

Aku tak tau bagaimana bentuk rumah atau kampung tempatku lahir. Karena umur 2 tahun, Bapak dan Mamaku pindah ke Tarutung. Jadi, aku sama sekali belum tau bagaimana bentuk daerah itu.
Sampai detik ini.

Aku Anak Nomor Dua

Nama Bapakku Kalvin E. Limbong.
Bapak yang baik dan Sabar.
Tidak terlalu pendiam tetapi jarang sekali bercerita tentang masa lalunya kepada kami anak-anaknya.
Aku tak tau kenapa.
Beliau berbeda sekali dengan Mamaku.

Mamaku Lisnawati Tambun.
Mama yang pernuh perhatian dan SUPER hampir dalam segala hal (tentu saja ini dalam kacamata seorang anak πŸ˜€ ).

Kalo aku perhatikan, sifat Bapak dan Mamaku cukup banyak berbeda.
Bapakku itu, lembut, senang bercanda, lembek (bisa dibilang agak kurang tegas), jarang sekali marah, terkadang pesimis, Cukup Up-to-date soal perkembangan teknologi πŸ˜€ , Daya navigasi terhadap satu tempat bagus, dll.
Sedangkan Mamaku, Keras, serius, optimis sekali, sering bercerita tentang masa lalu dan perjuangannya, tidak terlalu peduli dengan perkembangan teknologi (jangan heran kalo sampai detik ini mamaku gak mau make HP πŸ™‚ ), Daya navigasi terhadap suatu lokasi tidak terlalu bagus (makanya kalo mo pergi ke suatu tempat yang aku gak tau, aku agak kuatir kalo pergi berdua dengan mama πŸ˜€ ).. But disamping itu semua, mamaku ini mama yang sangat hebat.. I proud of her, so much..

Oya, mamaku ini juga peduli sekali dengan gaya hidup sehat yang alami. Bukan hanya sehat jasmani tapi juga rohani.
Sehat Rohani dan Jasmani.. it’s the most important things in life πŸ™‚ (Itu prinsip mamaku sepertinya)

Tuhan memang maha besar, sifat Bapak dan Mamaku yang sedikit banyaknya bertolak belakang, bisa di persatukan OlehNYA..

Mmm.. Sebenernya jarang orang batak nyebutin nama orang tuanya.
Tapi aku lebih suka menyebut namanya. Karena memang itulah nama mereka.
Itulah identitas mereka.
Bukan berarti aku tak hormat menyebut dengan nama mereka.

Aku punya satu orang abang, Samuel Namanya. Tapi di rumah kami biasa memanggilnya “Bang Posan” (Nama panjangnya: Samuel Haposan Dangsina Limbong).
Haposan itu nama pemberian oppungku (kakek dari pihak Ibuku).
Dia abang andalanku. Waktu kecil dia ini seperti pahlawanku.
Aku tak punya teman selain dia.
Maklum rumah kami terpisah dari mana-mana. Jadi aku sama sekali tak punya sahabat masa kecil..
Seingatku, aku selalu ingin nempel sama abangku.
Yah.. Bang posan emang teman akrabku waktu kecil.
Sekarang?? Kami tetap akrab kok.
Hanya saja sudah memiliki kehidupan sendiri-sendiri πŸ™‚

Adekku ada dua, satu cewek dan satu cowok.

Satdes nama aslinya Ridho Christian Satdes Limbong.
Usianya beda 2 tahun denganku.
Dia adik yang unik, sangat-sangat unik.
Sedari kecil, dia sering hidup di dunianya sendiri.

Seingatku, dia senang sekali menangkap ikan atau apa saja yang berkeliaran di air.
Dia membawanya ke rumah tak peduli betapa bingungnya Mamaku dengan semua binatang peliharannya itu.
Dia juga suka memulung apa saja yang kelihatannya berguna.
Dia akan mengumpulkannya di kamarnya.
Tak peduli apakah nantinya barang itu akan di pakai, atau hanya sekedar di pajang.
Dia sangat unik..

Waktu kecil aku dan adekku ini cukup sering bertengkar. Haha.. namanya juga anak kecil. Tapi sesudah besar, tidak ada kata bertengkar lagi. Ya kan dek? πŸ˜€

Dulu adekku yang paling kecil, sering cemburu sama Adekku yang satu ini karna katanya aku lebih sayang satdes dari pada dia. Waktu itu, kuiyakan juga sih (tapi hanya dalam hati). Takut si kecil ngamuk πŸ˜€

Adekku yang paling kecil kami panggil di rumah Epi, nama Aslinya Epifany Limbong.
Nama paling singkat di keluarga kami πŸ˜€

Anaknya dari kecil emang sudah aktif. Disenangi banyak orang dan cepat akrab sama orang dewasa (Mungkin karena jaraknya cukup jauh terpaut dengan kami bertiga, sehingga dia meniru kami? Ntahlah..)

Ah ya.. dia paling sering bertengkar denganku.
Kadang masalah kecil pun akan kami ributkan. Padahal anak perempuan Cuma kami berdua di rumah πŸ˜€
Tapi ntah kenapa, dia selalu merindukanku kalo aku sedang tidak di rumah. Fenomena apa lagi ini? πŸ˜€

Yah.. Itulah keluarga kecilku..
Keluarga yang sangat kucintai.
Keluarga yang bagiku sangat berarti dalam hidupku.
Keluarga yang bisa menerimaku apa adanya.
Keluarga yang mengajariku cinta kasih dan perdamaian.
Keluargaku yang merupakan salah satu harta paling berhaga dalam hidup.

Yess.. Limbong’s Family.. My Lovely Family… I don’t know, how I can live without them..
Terima kasih Tuhan, karna Tuhan tempatkan aku di keluarga yang penuh cinta dan kasih sayang.
Walaupun memang masalah dan pertengkaran pasti ada.
Tapi Cinta dan Kasih Sayang mengalahkannya πŸ™‚

Tuhan.. berkati dan jagalah keluarga kecil kami ini sampai selamanya. Amin…

Tentang keluargaku juga: Macam-macam bentuk ungkapan sayang dalam keluargaku πŸ™‚

Iklan

34 thoughts on “Keluarga Kecilku

  1. Damailah selalu ito.
    Soal adanya kemelut dalam keluarga itu hal yang lumrah. Kata orang bijak “kedamaian bukan ketiadan ketegangan, tapi timbulnya kebenaran”.
    Keutuhan sebuah keluarga adalah resultan dari semua perbedaan pemikiran.
    Salam Horas.


    Gloria:

    Terima Kasih sudah berkunjung tulang πŸ™‚

    Salam Horas juga dari seberang sini..

  2. woiiiiiiiiiiiiiii gorilaz….^-^
    (masih ingat aku kan?tetangga mu yg manis di tarutung :P)
    duh kangennya ma ce yg satu neh…
    masih kurus????
    eh add aku di fs mu dunk….
    slm buat smua kel yah…
    miss u glo….
    GBU

    Gloria:

    Hei.. muncul juga dirimu di dunia maya ini πŸ˜€
    Gi dimana neng??
    Ntar aku add ya.. kalo siang begini FS di kantor kami di blok. Emailmu yang yahoo ini kan say??
    Thnk u for coming yah..
    Miss u 2.. πŸ™‚

  3. Horas pariban… karena saya panggil tulang sama bapak, tak menyangka bahwa Gloria sudah besar dan menjadi anak gadis sekarang…. kalau ingat dulu sewaktu di tarutung… Gloria, posan dan yang lainnya masih kecil dan lucu-lucu…. membuat saya ingin tertawa… he…he..he.. kirim salam sama bapak dan mama…. yang katannya akan pindah ke Singkawang…ya… GBU

  4. @dangka sihombing
    hehehehe.. ya iyalah bang.
    Masa’ iya kecil terus.. πŸ˜€

    Nanti salamnya aku sampein sama Bapak dan Mama bang.
    Thnks buat perhatiannya yah.. πŸ™‚

  5. Horas Ito, di tarutung dimananya dulu ya, kalau aku dulu di Desa Siwaluompu. Btw, senang juga baca tulisanya. Horas ma da Ito.

    Gloria:
    Horas juga ito.
    Dulu aku di Tarutung, di atas gereja Tarutung kota to. Di bawah SMU 2 HKBP.
    Cukup dekatlah dengan siwaluompu.

    Tks buat pujiannya to πŸ˜€

    Silahkan berkunjung kembali.
    Akan kuterima dengan senang hati.
    Semoga yang kusajikan disini bisa berguna untuk ito. Maaf karna aku tak punya kopi atau teh untuk menjamu tamu seperti ito di dunia maya ini πŸ˜‰

  6. bah,,, berarti di tanda Ito do marga Sitorus na di jolo ni Kamar mayat i hape, si Josua ima angkatan 90 SMA tangsi. Sekarang di jakarta di dia maho Ito.

    Gloria:
    hahahha.. molo angkatan 90 umur 5 taon dope au disi ito.
    jadi boama parningotanni dakdanak πŸ˜‰

    Sonnari au di Cilandak-Jakarta Selatan ito

  7. Horas bere !

    Ai nga ganti hape fotom ate bere, hurIppu do salah alamat . Molo adong waktu, berkunjungma tu blok ni tulang da bere .

    Bersyukurlah punya keluarga yang harmonis .
    Pasahat tabe tu sude keluarga, paboa berema na adong tong tulang par dunia maya ate .
    Alai tahe sotung sala mangantusi oma i ate hehehe ………

  8. Shalom Gloria Limbong, Praise The Lord you have a nice family! Blog kamu bagus banget, saya sempat baca sekilas via FS Natalie. Selamat kerja aja, jangan lupa andalkan Tuhan dalam hidupmu. We pray for u and ur family!. Tuhan bersama kita. Horas.

    Gloria:
    Terima kasih amang sudah datang berkunjung.
    Dan terima kasih juga atas doanya untukku dan keluargaku.

    Sering2 berkunjung yah amang πŸ™‚

    Selamat melayani juga Amang..

    Horas!!

  9. Bah, par Tarutung-nya bere… Horas-lah dulu, ya. Dulu di Tarutung di daerah mana? Kalo kami dulu, di jl. D.I. Panjaitan. Sekarang hanya rumah oppung yang ada di Hutabarat. Karena semasa remaja rada badung, jadinya cuma sampai SMP di Tarutung. Langsung dideportasi sekolah ke ibukota negara… Lungun hian do roha lao mangaranto tingki i. Naik kapal Tampomas dope, tahun 1977… πŸ˜€

  10. @Tappang
    Horas tulang.
    Mauliate ma tulang nga ro poang berkunjung πŸ™‚

    Kalo aku dulu di tarutung di Jl. A. Yani tulang. Di dekat gereja HKBP Tarutung kota, di dekat kamar mayat itu tulang πŸ˜€

    Jadi masih seringnya tulang berkunjung ke Tarutung itu?
    Blm banyak yang berubah kok tulang.
    Masih gitu-gitu ajanya.
    Masih banyak rumah papan, dan masih sering terjadi gempa. Tapi aku pun udah lama gak kesana tulang. Udah ada 4 tahun..
    Jadi rindu kembali kesana 😦

  11. Ooo… Dekat toko obat parkindo itu, ya? Tauklah tulang itu… Aku terakhir ke Tarutung tahun 1997. Pernah juga agak lama tinggal di jabu ni oppung itu sambil bikin ikan mas di kolam… Waduh, senang sekali melihat ekor ikan mas naik sampai ke atas kalo lagi nyari cacing dia…

    Kalo mama kami hampir tiap bulan ke Tarutung dari Medan. Biasalah, soalnya suaminya sudah menetap di sana πŸ™‚ dikubur di samping rumah oppung di Hutabarat itu πŸ˜€

    Ya, itu. Malasnya pulang ke Tarutung itu karena gak ada kemajuannya. Sai itu tusi…

  12. @Tappang
    Toko Obat Parkindo??
    hehhee.. yang mana itu yah tulang.. banyak kali disana Toko obat.

    ikan Mas emang seru kali dipandangin kalo lagi di Kolam tulang. Apa lagi kalo mangap-mangap gitu mulutnya.. hihiihi.. Jadi gak tega makannya πŸ˜€
    Tapi toh kalo di arsik atau dibikin naniura disantap habis juga πŸ˜‰

  13. Horas………….
    boa kabar muna
    Akhirnya jumpang muse dht keluarga limbong ini
    au alumni sma 2 hkbp pas diginjang jabumuna najolo
    au masih ingat dengan bg samuel, n satdes teman maen bola

    oya samuel habis dari unsri kerja dimana, klo satdes???

    salam buat amang n ibu

    dr,
    penghuni asrama

  14. Puenteun neh, meski bukan orang batak boleh kan kasih komen di sini. Yup, keluarga kita adalah segalanya. Terlebih lagi sekarang dah punya keluarga ndiri. Jadi sangat beruntung setiap orang yng memiliki keluarga yg oke seperti ini. Kalau lihat keluarga kamu, kayaknya seperti keluarga kecilku sekarang deh,….hatur nuhun. Salaam.

  15. @Boy Marpaung
    Hm… agak lupa aku wajahmu ito..
    Tapi namamu familiar di telingaku

    @Heri
    Salam kenal juga

    @Nancy
    Iya mba.. emang bahagia di tengah2 keluarga yang saling mengasihi

    @Sofhal Jamil
    keluarga emang salah satu komunitas kecil yang paling bisa nerima kita apa adanya..

  16. Syaloom Limbong,

    Kronologis:

    1). Saya mencari teman-teman saya par-Sidikalang di dunia maya.
    1). Dengan Googling saya mencari dan ketemu (came accross) blog ini.
    1). clue yang saya ketik: Sidikalang
    1). Lalu saya ketemu clue lain: Sipiongot.
    1). Lalu: Limbong.

    Kedua clue terakhir saya gabung, olah dan ngga berapa lama saya jadi teringat dengan seseorang. Pendeta, ya Pendeta KE. Limbong.
    Dan ternyata Ito adalah boru ni Pendeta dulu waktu saya berjemaat di HKBP Semper Jakarta Utara.

    Saya pernah mendengar sepenggal cerita Bapak Limbong dalam pengabdiannya di beberapa daerah pedalaman “Partohonan” HKBP termasuk semasa di Padang, di Sipiongot, dll. What a valuable adventure of life.
    Salute to Pak Pendeta Limbong.

    If I salute him, I tends to salute his daughter too that way.

    Berbahagialah Bapak Pendeta punya boru sepertimu.

    regards,

    Pakpahan

  17. @bonar

    Salam Kenal juga pariban.

    Makasih udah berkunjung.. πŸ™‚

    @Pakpahan
    Terima kasih atas kunjungannya ito..
    Atau aku manggil apa ini? πŸ™‚
    puji Tuhan kalo bapak mampu memberikan pelayanan yang baik dan berkesan pada jemaat, termasuk ito.

    Rajin2 lah to berkunjung ke blogku yang gak seberapa ini.. heheheh…

    @lapotimus
    Salam kenal amang.
    Terima kasih atas berkunjung.
    Aku link balik yah… πŸ™‚

  18. Saya senang baca blogmu…

    Namaku Harjomen Limbong, saya dulu kuliah di Jawa sekarang sudah kerja di surabaya,

    kamu bisa baca profile ku di FS…

  19. Mohon maaf inang, saya telah mengisi ruang komentar ini, cuma saya ingin menyampaikan sumbangan koor untuk inang, kl boleh dinyanyikan ditempat inang, ini linknya, tinggal klik aja inang:
    http://maradahtgalung.blogspot.com/2009/04/daftar-lagu-ciptaan.html
    http://maradagv.wordpress.com/2008/11/23/daftar-lagu-ciptaan-b-marada-hutagalungsth
    http://maradagv.multiply.com/journal/item/82

    Terima kasih sebelumnya inang. Syalom
    Oleh : Marada Hutagalung

    http://maradagv.multiply.com
    http://maradagv.wordpress.com
    http://maradahtgalung.blogspot.com

  20. Ito sepertinya saya mengenal nama Bapak Kalvin Limbong, kebetulan saya juga marga Limbong, apakah Bapak pernah melayani sebagai Pendeta di Sipiongot Kecamatan Kab. Tap Selatan.
    Kalau betul wah berarti kita jadi keluarga juga dan tolong dipertanyakan
    Saya Lambok Limbong
    Jemaat HKBP Kasih Karunia
    Abang saya Alm. Solo limbong ( Am. Erni ) Polisi di P. Sidempuan waktu dulu
    please info dehhhhh

  21. @lambok limbong
    Horas uda, Iya bapak dulu pernah tugas di Sipiongot.
    Dan tentu saja aku kenal Uda Erni.
    Aku terkesan sekali dengan Alm uda Erni.
    Beliau baik sekali sama kami.
    Selalu berusaha menyenangkan kami. Bahkan dulu membawakan kami mainan Nintendo yang fenomenal itu.
    makanya waktu tau uda itu meninggal ada kesedihan di hati karna belum sempat ketemu lagi. 😦 😦
    Tapi beliau sudah tenang bersama Yesus. Akh.. terkadang kangen sama Uda itu..

  22. horas.saya juga pernah ke sipiongot waktu mau ke kampung oppung di moppang dolok.famili juga masih ada di sipiongot.merasa rindu juga kesana apalagi kalau mau mandi disungai itu .oppung kami marga rambe(dari ibu).jadi rindu indo.Tuhan berkati semuanya.

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s