Apakah Stress Berkurang Dgn Mengeluh?

Dari kemaren sore aku udah dibuat jengkel sama komputerku yang bukan main lambatnya karena mengolah Excel seberat 115MB.
Alhasil satu pekerjaanpun tak selesai gara-gara komputerku ini terseok-seok mengolah data seberat itu.

Harus kuakui, aku yang terlalu maksa’ memvalidasi satu tabel Dimensi Customer (sejenis tabel master kalo di database biasa) berisi puluhan ribu record data ditambah atribut-atributnya yang banyak ke dalam sebuah file komputasi bernama Excel ini.Β  Tapi terus terang, aku tak sadar kalo ternyata berat data yang disimpan di file excelku itu mencapai 115 MB, kalo aku tau seberat itu tak mungkinlah aku ngomel-ngomel dengan muka kesel dan cemberut mandangin komputer ku yang hang melulu gara-gara file sebiji itu.
Bahkan kemaren sore aku sengaja ninggalin komputer ku hidup sepanjang malam supaya paginya data yang aku inginkan lewat fungsi VLOOKUP yang di sediakan Excel sudah aku dapatkan.

Tapi… begitu pagi-pagi aku cek, record acuan yang kujadikan patokan untuk cross cek dengan fungsi VLOOKUP kemaren salah total..
OMG, berarti hari ini aku akan mengulang lagi mem-VLOOKUP dengan record acuan yang benar.. Urgghh..
Padahal untuk mendapatkan hasil VLOOKUP dengan file seberat ini bisa-bisa membutuhkan waktu beberapa jam..
Kesel..kesel..kesel..
Sepertinya lebih baik aku mengerjakan yang lain dulu sebelum kembali berkutat dengan validasi data ini atau semoga ada cara lain yang bisa kugunakan untuk mempercepat validasi ini..:-)

Harus tetap semangat.
Mengeluh tidak menyelesaikan masalah.
Malah membuat mood semakin tidak enak..
Hmm… sedikit lega sekarang.. πŸ™‚

8 thoughts on “Apakah Stress Berkurang Dgn Mengeluh?

  1. hahaha…kebayang deh gimana cembetut-nya kk mandangin kompie yang sebenarnyna pengen dibanting saking lemotnya…
    hahaha…

    Mengeluh bukan mengurangi masalah, malah nambah berat masalah kita…
    so, just do it dan keep smile πŸ˜‰

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

