Akibat doyan ngemil

ngemilNtah sejak kapan aku doyan ngemil.
yang ujung-ujungnya membuat perutku membuncit.. Hikshiks..

Sepertinya ini diawali semenjak aku dulu dipindahkan ke MIS.

Waktu itu aku sering pulang malam, yang akhirnya membuat aku sering terlambat makan.

Karna keseringan pulang malam, aku sering mampir ke TotalBuah yang tidak hanya menjual buah-buahan tapi juga cemilan dan berbagai macam kebutuhan.
Awalnya cemilan itu ku konsumsi untuk mengganjal rasa lapar, tapi lama-lama jadi kebiasaan.
Rasanya gak lengkap kalo gak bawa cemilan ke kantor.
Memang sih, dulu aku sering gantikan cemilanku dengan buah, biar sehat. Tapi ntah sejak kapan, aku justru lebih sering ngemil biskuit atau roti yang buat kenyang..

Sampe akhirnya aku gak sadarin kalo perutku mulai membuncit.. Huaaaa 😦 😦
Sepertinya berat badanku pun turut naik, karna celanaku yang tadinya longgar jadi pas, dan yang pas jadi agak sempit.
Terus terang perut membuncit membuatku tak nyaman..
Apalagi sang pacar mulai protes, huh 😦
Beberapa kali ini jadi pokok pembahasan kami.
Dan beberapa kali aku tekad untuk ngucilin perut. Dan memang dampaknya cukup baik untuk kesehatanku, bukan untuk perut semata.

Berikut cara-cara yang aku Coba:

1. Olah raga
Dulu aku paling gak pernah olah raga, niat selalu ada. Tapi niat tinggal niat tanpa adanya pelaksanaan πŸ˜€
Sebenernya karna keterbatasan waktu juga sih, jadinya olah raga rada sulit di realisasikan. Makanya aku olah ragapun paling sekali seminggu.
Tapi kalo bagusnya sih, ya sering-sering lah berolah raga. Terutama bagi kita-kita yang banyak duduk di kantor.
Olah raga Sit up sempat jadi pilihanku, tapi sayangnya karna keseringan bangun pas-pasan untuk saat teduh, mandi dan siap-siap, jadinya sit up sering terlupakan.

2. Ganti cemilan dengan buah.
Nah.. ini juga bagus..
Dari pada ngemil biskuit, roti apalagi makanan yang mengandung vetsin mending ganti cemilan kita dengan buah-buahan. Yang simple itu seperti jeruk atau apel. Kalo durian, janganlah. Ketauan nanti sama orang sekantor πŸ˜€

3. Tahan nafsu ngemil.
Hahaha.. ini nih yang paling susah untuk orang yang udah kebiasaan ngemil.
Biasanya ada makanan langsung comot sana-sini.
Atau waktu ada temen ke minimarket, jadi kepingin mesen cemilan. Gagallah sudah plannya πŸ˜€
Kalo aku, berhubung ada kesepakatan dengan si dia kalo ngemil harus lapor dulu, jadinya rada ke-rem keinginan untuk ngemil. Tapi kadang2 tetep juga sih gak tahan.. Hahhaha..

4. Pagari pikiran terhadap cemilan.
Nah.. menurut pengalamanku, pikiran ini juga penting di pagari dari nafsu pengen ngemil. Biasanya setiap bawa cemilan, aku sering kepikiran, kapan ya aku makan cemilan ini? πŸ˜€
Kalo udah kepikiran untuk ngemil padahal perut gak lapar, perbanyak aja minum air putih.. biar kenyang lagi.. πŸ˜€

5. Makanlah secukupnya.
Makan pagilah secukupnya.
Makan siang sesuai porsinya.
Dan jangan terlalu banyak makan malam, karena aktifitas sudah tidak banyak lagi.

Yah.. itulah dulu seputar pengalaman dan tips yang aku lewati.
Sebenernya, perut buncitku sudah rada berkurang, tapi harus tetep dijaga biar gak balik lagi.

Yang terpenting, tetep jaga kesehatan ya.. Karna kesehatan itu PENTING!! πŸ™‚ πŸ™‚

Perbanyak minum air putih, makan makanan yang berserat dan sehat, makan buah yang cukup dan kalo daya tahan lemah silahkan minum multivitamin yang cocok untuk dikonsumsi (udah kayak pakar kesehatan aja euy πŸ˜‰ )

19 thoughts on “Akibat doyan ngemil

  1. @joicehelena
    Hehehehe.. iya dek.. secara dah keliatan..
    gpplah dek.. tanda perhatiannya itu. Xixixixixi.

    Soal kekurusannya? itupun dah kuprotes dek, tapi cemmanalah, makanpun dia samanya porsi kami,gimana mo gemuk? πŸ˜€

  2. bah..mananya say
    kau blg gak kurus2 kalinya
    lagian kan itu krn memikirkan bangsa dan negara ini
    hahahaha
    ntar klo da nikah pasti gemuknya itu
    hehehehe

    πŸ™‚

  3. makan pagi itu WAJIB!
    kalau ngemil.. kaya’nya enak juga kalau sesekali, tapi daripada ngabisin duit buat beli cemilan, 4000perak dah makan kenyang di warung depan :p

  4. klo aku liat seh, bdnmu ga gemuk2 bgt koq,gi..justu cenderung ke kurus. gpp lah ngemil sekali2 biar agk berisi dikit.. πŸ˜€
    tpi klo bisa olahraga,gi..aku da rasain de, itu bnr2 bermanfaat, kyanya selain emank buat tubuh seger, racun2 di dlm tubuh itu keluar semua, klo emank ga sempat, aku saranin beli vcd/dvd yoga aja..itu lumayan berkhasiat buat org2 yg ga sempat olahraga. itu aja tiap hari dilakukan da berkhasiat kali, minimal keringat keluar..

    panjang ya komenku..hihihihi..

  5. @King
    Yayayaya.. Tapi orang2 bilang masih kurus.. nah loh..

    @Nich
    Ngemil sekali2 emang enak bang, tapi kalo keseringan juga bahaya. Bahaya bagi kesehatan, juga bagi pandangan mata.. hehehehe.
    4000perak? Mo makan apa disini bang? Makan pake telur tok aja udah 5000.

    @yunita
    Hehehehe.. kalo merata berisinya sih bagus yun, ini karna numpuk di perutnya. Sesak juga kurasa jadinya bah..

    Idemu bagus juga tu yun, tapi tunggu adalah tipiku yun.. xixiixix, blm ada tipiku daboh.. πŸ˜›

  6. @okta sihotang
    huh dasar tukang upil..
    ngupil sembarangan.. ckckckkc..
    Kalo badan sih gak ketara dek, perutnya yang ketara.. wekekekekekke…

    @riyanthi
    Hi mi.. lama juga tak bersua bah.. cemmanalah yang sama2 sok sibuk ini πŸ˜›
    Gak kurus lagi aku mi.. perut sudah berlipat.. apalagi kalo abis makan.. wekekekeke…
    Tapi udah agak nyusut sih sejak disiplin ngemilnya.. πŸ˜€ (ada pulak acara ngemil yang disiplin πŸ˜› )

  7. emng yang enak-enak itu selalu dilarang ya kak…aq juga belakangan neh ngemil mulu…laper az bawaannya..gini neh klo dah strezzz…pengennya makan..kwkwkwkkw….

  8. @laston
    Buset.. 5km???
    Ckckckck.. mo bangun jam berapa aku to.. ehhehe..
    aniway, salam kenal πŸ™‚

    @aPpLe
    hahahaha… ati2 gemuk dek πŸ˜‰

    @joicehelena
    hahahaha.. blum cukup katanya sinamotnya πŸ˜› πŸ˜›
    lagian dah kata pak luhut dek, belajar dulu.. xixiixi

  9. Silahkan makan apapun yang halal , tapi porsinya ya tetap sekali makan bila penting dikurangi agar keseimbangan tubuh semakin baik
    Ditambah olahraga atau joging selama 45 mnt 3 kali seminggu, pasti mantap.
    Dan biasakan minum airputih sebelum makan minimal 1 ltr per hari, dan pasti nafsu makan pagi agak berkurang.
    Tapi ada efeknya, buang air kecil melulu

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

