Stop Copy Paste!

Beberapa hari yang lalu, ada incoming link dari salah satu blog yang gak aku kenal.
Iseng-iseng aku mampir ke blog asal incoming link itu, ternyata di blog itu ada tulisan-tulisanku.
Mungkin ada lima tulisan atau lebih, tapi tentunya dengan editan disana sini. Si penulisnya menyesuaikan dengan kondisi dirinya.
Asli aku sebel abis, karena asal tulisannya gak dicantumin.
Gak masalah sih dia nyomot tulisanku asalkan dibuat sumbernya. Setidaknya walopun dia gak minta ijin, tapi minimal ada sumbernya, jadi hati agak sedikit terhibur karna dihargai.

Akhirnya, aku beranikan diri menulis komen supaya yang punya blog itu mau menuliskan sumbernya dari mana.

Esoknya aku cek, komenku udah dia approve. Tapi sayangnya dia gak nanggapin.
Akhirnya kuputuskan untuk nyuekin aja.
Aku anggap aja dia orang yang menyukai tulisanku, cuma mungkin dia belum ngerti bahwa jika mencomot tulisan asli karya orang lain hendaknya menuliskan sumbernya (hehe.. agak narsis sih kesannya πŸ˜€ ).

Pagi tadi, aku cek incoming link lagi.
Incoming link dari blog yang gak kukenal itu udah hilang.
Untung aku masih ada history URL nya. Jadi aku bisa buru-buru cross cek apa yang terjadi dengan blog itu.
Dan ternyata blog itu udah di hapus.
Seharusnya aku seneng, tapi ntah kenapa jadi agak sedikit merasa bersalah, karna aku merasa mematahkan semangatnya untuk nge blog lagi.
Padahal kan aku gak ada berniat begitu.
Hanya pengen ngingetin dia supaya lain kali nyebutin sumbernya 😦

Tuk yang yang punya blog itu, sori yah, bukan maksud hatiku menghentikan niatmu nge blog.
Aku cuma pengen sedikit penghargaan atas tulisanku. kalaupun mau nyomot tulisanku, silahkan tuliskan sumbernya. Gak sulit bukan?
Sekedar sharing, menulis dengan pikiran dan ide sendiri itu jauh lebih enak ketimbang nyomot tulisan orang.
Apalagi jika blog itu blog diary seperti milikku ini.
Silahkan nge-blog lagi teman.. Jangan langsung patah semangat πŸ™‚

Blogged with the Flock Browser

18 thoughts on “Stop Copy Paste!

  1. Sebenarnya ini adalah masalah klasik. Orang bebas membaca tulisan kita, dan dengan seenaknya juga bisa dibuat menjadi tulisannya. Kadang kesal sih. Beberapa ide postinganku juga sering di-tiru orang. Kesal sih.. tapi ambil postifnya aja, itu artinya “Tulisan”-mu itu bagus2.. πŸ˜€

  2. Makin aneh!!, hehehe…hal ini adalah soal karakter dan komitmen kepada diri sendiri yang bersangkutan, jadi sangat sulit dikontrol. Saya sependapat dgn bang Bonatua, ambil positifnya saja, dan tulisanmu bagus-bagus. Ito akan mendapat keuntungan meski tidak Ito rasakan. coba renungkan Ito, dengan jernih dan dengan tersenyum sambil pikirkan “semoga dia berbahagia”, bah… gabe ngelantur ate (jadi oot ya)….hehehe…

  3. @bonatua
    Hhehehe.. emang keputusan terbaik itu adalah, berpikir positif ya bang πŸ™‚

    @Singal
    Hahaha.. asa gabe ngelatur tulang ini πŸ™‚
    Tapi pas nya yang tulang bilang itu.
    Ada kebahagiaan tersendiri kok sebenernya. Walopun jadi tertutupi gara2 dibarengi kekesalan.

    Semoga dia berbahagia lah ya tulang πŸ˜€ πŸ˜€

  4. wah..berarti tulisan kk emang manTabh makanya samPe di coPy Paste sama dia…

    hehehe….

    Gloria:
    hehehhe,, tau deh tu dek πŸ™‚

  5. jadi inget dulu pernah ada bloger pemula yg suka copas tulisan orang. trus banyak yg sumpah serapahin dia. efeknya malah kita membunuh tunas yang baru numbuh.
    kenapa sih gak dikasih tau aja cara menulis yang baik dan benar. toh semua orang pernah salah.
    ah.. coba semua orang kayak neng gloria.. tentrem dunia ini.

  6. Kalo ujian tu da ancur kita,,,
    apalagi praktikum yach kk..
    tapi tetap semangat,
    tu kan artinya kk jadi inspirasi dy.
    Sukses yah kk.

    Del_06

  7. saya juga pernah…tapi untungnya ternyata yg nge-link dan meng-copy paste itu punya tujuan positip = mempromosikan blog saya..sukurlah..!!

    hehehe…

    pasang banner jangan asal kopi paste aja ‘to…siapa tahu si penjiplak kalo lihat banner itu di blog ito ini jadi sungkan kalo mau CTRL C + CTRL V..hehehehe..

    horas,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  8. what the hell with copy-paste?
    ini dunia maya dan kita bikin blog di internet biar dibaca ama orang. Jangan terlalu ambil pusing dengan hal beginian, tulisanku juga sering dicomot ama orang but get the positif thing … they love me and my post πŸ™‚

  9. @ nindityo
    Hallah.. mas ini terlalu berlebihan muji saya.. gak segitunyalah.. soalnya, aku juga sempet kesel juga πŸ™‚

    @ndy
    Hehe.. yup.. jangan coba2 ngelakuin itu di del del πŸ˜‰

    BTW salam kenal ya..
    Nama aslimu siapa dek?

    @bonar
    Oh.. kalo itu mah, no problem to.. Justru bagus πŸ˜‰
    Aku udah pasang bannernya kok dari dulu2 to..
    Tapi tetep aja tuh..

    @mshennie
    “…..they love me and my post”
    Yup.. itulah yang belakangan ini aku pegang..
    BTW, tnks da mampir ke blog ku kak..
    πŸ™‚

  10. postinganku juga nge-link ke ini
    tapi aku gak kopi paste loh..
    hehehe
    salam kenal ya….

    lagi seneng2nya blog walking ke yang masuk “Possibly related posts: (automatically generated” dari postinganku nih….

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

