Selamat Bertugas di tempat baru Bapakku Sayang.. :-)

Kemaren, tepatnya tanggal 18 Juni 2008, Bapakku di pindah tugas-kan ke Singkawang-Kalimantan Barat.
Itu merupakan tuntutan tugas Bapak sebagai Pelayan Tuhan. Dan resiko untuk berpindah-pindah tempat dan berpisah sementara untuk batas waktu yang tidak bisa aku prediksi sudah menjadi sebuah ritual rutin setian n-tahun sekali (n dalam hal ini tidak tentu. Tergantung pada Kantor Pusat HKBP yang berlokasi di Tarutung).

Kepindahan orang tuaku kali ini memang berbeda dengan momen-momen sebelumnya.
Biasanya selalu ada anak-anaknya yang ikut Bapak dan Mama. Tapi kali ini berhubung kami semua juga sudah makin besar, tidak ada yang ikut. Bahkan si bungsu, Epi tidak bisa ikut karena saat ini dia sudah akan naik ke kelas 3 SMU.

Ini yang membuatku dan 3 orang saudaraku yang lain sedih😦
Awalnya aku gak terima bapak dipindahkan sejauh itu, ketempat yang tidak kami kenal dan tidak ada saudara pulak, itu juga yang buat beberapa postinganku sebelumnya bernada cengeng/sedih.
Dari sisi manusiawi, wajar sekali aku rasa kalo kami sedih dan gak rela dipisah-pisahkan terus seperti ini.
Tapi ini adalah tugas mulia dari Tuhan untuk keluargaku, terutama Bapakku untuk melayani DIA.

Tapi aku bangga pada Bapakku, karena beliau dengan ketegaran yang luar biasa tidak pernah menolak penugasan dimana pun dia di tempatkan. Ntah di pelosok seperti Sipiongot dulu atau di kota besar seperti Jakarta. Walopun dari pengakuan Bapak sendiri, dari sisi manusiawi, dia tak mampu kalo harus dipisahkan dengan semua anak-anaknya sekaligus.
Belum lagi di tempatkan di daerah yang sama sekali belum pernah dia jamah. Bahkan tidak pernah terfikir akan kesana. Tapi Syukurlah, Bapak mau dipakai dan di bentuk olehNYA.

Aku juga bangga dengan mamaku yang dengan kesabaran yang luarrr biasa mau mendampingi bapakku kemana pun Bapak di pindah tugaskan. Tidak semua istri Pendeta mau terus menerus mendampingi suaminya dalam pelayanan. Bahkan ketika diperhadapkan dengan pilihan antara mendampingi anak-anak dan Bapak, Mama tetap memilih mendampingi pelayanan Bapak.
Sungguh pilihan yang luar biasa.
Aku sendiri belum tentu mampu seperti itu.

Oh.. maaf kan aku kalo seakan-akan aku menyombongkan diri dengan keberadaan orang tuaku.
Tidak ada niat itu sama sekali.
Aku hanya sekedar berbagi kebahagiaan, kesedihan dan kebanggaan di hati ini.

Sekarang Bapak dan Mama sudah di Singkawang, Kalimantan Barat.
Sebuah tempat yang tak pernah terlintas sedikitpun orang tuaku ditempatkan kesana.
But, Tuhan memilih tempat itu sebagai “ladang garapan” orang tuaku.

Selamat Melayani di tempat baru Bapak dan Mama..
Semoga Tuhan senantiasa menemani Bapak dan Mama disana. Juga anak-anak Bapak dan Mama di Jakarta dan Palembang🙂

Doa:
Terima Kasih ya Tuhan, untuk tempat pelayanan baru yang Tuhan percayakan untuk orang tuaku.

Ya Tuhan, ENGKAU yang memilih orang tuaku untuk bekerja untukMu di Singkawang.
Temani mereka Bapa agar Pelayanan mereka berkenan di hati Tuhan.
Hiburkan hati Bapakku dan Mamaku Tuhan, kalo mereka bersedih.

Tuhan,
bantu mereka berdua untuk bisa menyesuaikan diri disana.
lindungi mereka dari serangan-serangan si jahat dan jangan biarkan mereka sendirian melewati rintangan hidup disana.
Untuk kami anak-anaknya juga, berikan kami penghiburan agar kami yakin bahwa Tuhan tetap menemani kami dalam kesendirian kami.
Yakinkan hati kami bahwa Tuhan akan mencukupkan semua kebutuhan kami.
Tetap persatukan kami di dalam Firman Tuhan, dan jangan biarkan kami melangkah sendirian mengarungi hidup di tengah-tengah pendewasaan diri dan iman kami.
Kami Percaya Ya Yesus Tuhan akan persatukan kami kembali.

Di dalam Kristus Putra Allah yang kudus, aku berdoa dan mengucap syukur. Amin..

36 thoughts on “Selamat Bertugas di tempat baru Bapakku Sayang.. :-)

  1. yup..selamat bertugas degh buat bapaknya kak glori…..
    semoga sehat2 disana..

    Gloria:
    Amin..
    Thanks dek..🙂

  2. Sabar ya Glor,…
    GBU

    Walaupun kw jauh dari ortu, kan udah ada yang dekat, he..he..he..

    Gloria:
    Hehehehe.. Sapa tu yang deket ..😉

  3. Semoga Beliau diberikan kesehatan dan damai sejahtera ditempat yg baru.

    Gloria:
    Amin..
    Terima Kasih untuk supportnya.
    Salam kenal🙂

  4. bah.. nunga berangkat?? hape naeng ro do nian au tu jabu asa jolo tinanda jolo tulang dohot nantulang i.

    pos ma roham dohot gogo martangiang sai di dongani Tuhanta ma amang dohat inangta i karejona na di huta nadao.

    suang songin ho iban… manat manat maho mangalangka dohot marnida. togu togo anggim siampudan i, asa tongtong mangalanga didalan natiur.

    hehhehe…gabe mamodai ateh….

  5. sititi ma sigompangi
    golanggolang pangarahutna
    tudia pe natua2 i melayani Tuhan i
    sai diramoti do totop nasida

    jadi POS ma roham ito… nothing gonna happen lah… lagian kalikmantan g jauh2 amatnya sekarang..

    masihol tinggal telponnya.. klo g ada pulsa y nona panggilan aja (miss call) ato jou au (call me)😀

    Gloria:
    Emmmmaaa tutu…..

    Nanti pulsanya bisa kuminta ama ito lah yah.😀

  6. Hai…da lama sekali, qta da bertemu. Apa kbr my sister?
    kebetulan aku buka google, trus iseng2 ku cari “limbong”, ternyata ada juga tentang limbong. and ada cerita ttg mu.

    aku baru tau klo ternyata, bapa uda sudah dipindahkan. Mmg berat jadi pelayan Tuhan, tapi buah yang akan dihasilkan akan meringankan pelayanan qta. So, kami teman2 mu dari naposo selalu berdoa untuk uda dan inang uda semoga, kasih Tuhan selalu menyertai mereka, juga kau dan adik2 selalu dalam lindungan Tuhan. so jgn sedih lagi, karena kau masih punya keluarga besar limbong yg akan selalu mendoakan mu.

    Btw qta mo ret2..ke puncak, sudah waktu kau jg kasih perhatian untuk margamu sendiri. qta rindu untuk pelayananmu di punguan naposo limbong. oce..kami tunggu kehadiranmu. Horas..

  7. Tua, met melayani di tempat yang baru yach.

    Buat k’Glori, ya sabarkak. itulah pekerjaan pelayan Tuhan (Pendeta) qt ga tahu kapan dipindahkan lagi.
    Kakak harus tetap membawa Tua dalam doa-doa kakak pada-Nya, agar Tua dapat semangat dan maksimal di tempat yang baru.

    Btw, kakak masih ingat aku kan? aku adeknya Renitha Kelly Fabiola Tambunan, teman kakak waktu SMU N 1 dulu.

    Salam jumpa lagi kak.
    God Bless Us

  8. Semoga Bapatua dan Mamatua disana selalu di lindungiNYA
    dan diberikan kesehatan dan keselamatan

    Selamat Bertugas!!

    buat dek Glori,.. keep pray anggi😉

    botima

    Huhut mardongan holong
    Horas..!!

  9. @vero limbong
    Hehehhee.. Duh kaka.. maaf nih, udah gak pernah lagi muncul ke permukaan.
    soal retreat itu aku pengen ikut juga sih..
    Tar aku kabarin lagi deh ama Anita, soalnya dia kemaren udh nanyain sih…

    Thanks buat perhatiannya yah kak..🙂

    @Helentika Tambunan

    Hallo dek..
    Thanks yah udah mampir.

    Pasti ingetlah dek.. Dulukan kakak sering main ke rumah.
    Masa bisa lupa..
    oh yah, gimna kabarmu dan keluarga?
    Sehat kan?
    Salam buat semuanya yah.. Terutama ama reni.. Dia dimana sekarang? Dah kangen juga sama dia..🙂

    @Elli

    Thnks buat dukungannya yah da..

    @Manik

    Makasih buat penguatannya yah Abangku.
    Huhut mardongan holong juga🙂

  10. Pertanyaanku sama dng Par Bintan, ternyata kau boruni pendeta. Sungguh tak kuduga. Andai saja Amang itu ditempatkan di HKBP Jatiwaringin, pastilah akan jadi kawanku ‘marnonang’, sebab itulah salah satu kesenanganku seusai kebaktian: pulang paling belakangan melebihi ‘parhalado’ yg bertugas menghitung durung-durung🙂

    Tapi aku percaya, dirimu dan adik-adikmu pasti kuat ditinggal jauh orangtua, sebagaimana putra-putri pendeta lainnya. Itulah kelebihan kalian. Tidak cengeng, mandiri, gigih mengejar kemajuan.

    Jangan sedih, tabunglah sebagian gajimu utk beli tiket ke Pontianak, lalu naik bus ke Singkawang. Tak sampai dua jam. Kota amoy itu cukup menarik dijadikan lokasi wisata: pantainya molek, makanannya lezat, banyak klenteng, dan berbagai keunikan lain yg bisa kau temukan di sana, termasuk warga Tionghoa yg jadi petani, tdk bisa berbahasa Ind walau lahir dan sampai tua bermukim di sana, dll. Kepada teman-temanku yg suka traveling, Singkawang termasuk yg sering kureferensikan utk dikunjungi. Unik dan menarik. Cuma memang, udaranya lumayan panas.

  11. @Suhunan Situmorang

    Terima Kasih untuk Supportnya yah Tulang.
    Jadi bersemangat nih untuk menyisihkan tabungan dan bermain ke Singkawang sana..

    Oya, tks juga dah berkunjung kemari Tulang..
    Seneng deh tulang datang ke Blog ku ini.
    Sering2 yah tulang😉

    HORAS!!

  12. Selamat bertugas tulang, semoga Tuhan tetap bersama tulang dan keluarga.

    Dan untuk Glori tetap semangat walau bapak berada ditempat yang agak lumayan jauh…..

    GBU

    Gloria:

    Thanks Bang..🙂

  13. @Daniel Simanjuntak

    Oh yah?? Lebih beradab gimana nih to? Lebih baik2 maksudnya?
    Sotung adong na mangamuk😉

    @Nainggolan
    Halo juga ito…
    Oh.. di KalBar toh..
    Kalo ada waktu main2lah ke HKBP Singkawang, temui aja Pdt Ressortnya, itu bapakku😀

    Salam hangat juga ito..🙂

  14. yah tuhan!!

    sejak membaca margamu, aku selalu teringat guru huria HKBP tarutung kota, yang begitu sabar dan baik mengajar aku bermain organ, mendampingi aku bermain organ hingga akhirnya bisa bermain organ disana.., dan hingga sekarang aku masih main organ di HKBP cempaka putih.

    gloria, salam kenal dek.., ini gerda silalahi.., tanyalah bapak siapa aku. dulu aku, adikku si mada belajar organ secara privat kepada bapak, amang guru limbong. setelah lihat fotonya diatas, aku yakin banget dialah guru yang selama ini kucari alamatnya.

    horas amang.., ai diingot ho dope ahu? si gerda silalahi…, najolo ro do hamu tu jabu 2-3 hali saminggu, mangajar ahu dohot ibotokut si mada marsiajar poti marande. asa adong na marpoti di HKBP tarutung kota. mauliate godang amang, sahat to saonari marpoti do ahu di HKBP cempaka putih, jakarta. semua itu berkat kesabaran amang mengajar aku bermain organ.

    si mada bentar lagi berangkat ke oslo amang, puji tuhan dia dapat beasiswa S-2 hukum di univ. of oslo, tempat kakakku si Maryke (masih ingat kan) juga sedang mendapat beasiswa S-3 bidang hukum.

    aku sendiri di jakarta amang, sama mama n bapak. sudah menikah dengan orang jawa.., tapi hatinya lebih batak dari orang batak, hahaha. anakku baru satu, borua.., si christabelle amadea goarna.

    glo.., bapak sekarang udah jadi pendeta atau masih jadi guru huria? minta nomor hpnya dong. aduh…., amang limbong.., gak nyangka bisa ‘ketemu’ lagi sekarang.

    salam
    gerda silalahi

  15. gloria,
    berarti kamulah yang waktu kecil aku sempat ajak bercanda.., dulu aku sering main di rumahmu, diatas gereja HKBP kota. kamu masih kecil waktu aku marguru malua disitu, bapak yang ngajar di kelas kami. adikmu laki-laki kan??

    bapak dulu sering kami -aku dan adikku- ‘kerjain’ kalo lagi malas berlatih organ. bapak datang ke rumah kasih privat, karena setelah kakakku berangkat ke medan, gak ada yang main organ disana.., jadilah aku dipaksa bisa supaya ada yang gantiin, karena bapak harus maragenda. kalo aku lagi malas, dan memencet tuts organ keras-keras atau malas-malasan.., bapak pasti mengambil koran dan diam menunggu aku kembali moodnya.

    paling kurang ajar adikku, sengaja bobo di kamar sampe disusulin amang limbong, bahkan disogok permen sugus dan indomie supaya mau latihan.

    astaga.., pantesan aja dari kemarin mata kiriku kedutan, mau ketemu teman lama.

    salam buat amang dan inang yah glo. aku masih ingat inang.., kalian berapa saudara? kalo gak salah lebih dari 3 kan yah??

    amangoi amang limbong, diingot amang do pe ahu? -maaf…, too excited nih-

  16. satu lagi yang aku gak bisa lupa.., aku main organ pertama kali di gereja HKBP kota pada waktu masih duduk di kelas 6 SD. karena kakiku gak nyampe ke pedal suara…, amang limbong yang duduk di belakangku untuk mendampingi aku.., menginjak pedal suara itu untuk aku.

    amang limbong pasti masih ingat kejadian ini.

  17. @Gerda Silalahi

    Horas Tan.. (Manggil tante lah aku yah karna Mamaku kan boru Tambun).

    Iya Bapakku dulu Guru Huria HKBP Tarutung Kota. Dulu sekali waktu aku masih kecil..
    Tahun 1994 bapak menyelesaikan sekolahnya di Seminari Sipoholon dan udah jadi Pendeta Tan..
    Dari Juni 2004-Juni 2008 Bapak di tempatkan di Gereja HKBP Semper Jakarta utara Tan.
    Sayang sekali tante gak sempat bertemu. Padahal dekatnya cempaka putih sama Semper.

    Nanti aku sampaikan berita tante ini sama bapak tan.

    Ah.. Si Bapak itu, dulu aku setengah mati minta di ajarin mar poti marende, tapi udah gak semangat lagi bapak ngajarin aku tan.. Mungkin karna makin banyak tugasnya. Jadi gak adalah anaknya yang pande mar poti marende😀

    hahahha..
    Jadi tante salah satu “teman masa kecilku” juga lah yah..
    Waktu itu aku masih kecil tan.. Aku di Tarutung umur 3-5 tahun tan.
    Wah.. aku juga jadi ikutan excited tan😀
    Oh yah, kami 4 bersaudara tan.. Yang paling kecil sekarang udah SMA. Udah belasan tahun yang lalu lah rupanya pertemuan itu tan😉

    Makasih udah berkunjung yah tan.
    Nomor HP Bapak aku kirim Via Email aja.
    Ditunggu aja yah tan.

    Salam kenal tan..

  18. Hi Gloria,

    Salam kenal juga nih, aku kakaknya Gerda. Kok bisa kebetulan yah, Gerda ngga kasih tahu aku ttg blog ini, ntar aku coba telp dia deh. Pertama kali aku main organ di HKBP kota kalo ngga salah pada masanya bapak jadi guru di sana. Kursus lepas sidih pun sama bapak. Yang paling aku ingat dari bapak adalah: orangnya sabar luas biasa… liat aja kelakuan Gerda dan Mada tapi dia tetap sabar. Anyway, salam hangat buat bapak dari kami sekeluarga (Maryke, Andre and William). Mudah-mudahan suatu saat bisa ketemuan. Berapa lama bapak ditugaskan di Kal-Bar? Aku dan Andre selalu pengen hiking di hutan tropis Kalimantan, sampai sekarang belum tercapai.

  19. @Maryke Silalahi

    Halo tan..
    Wah.. bisa gitu yah..
    Aku dah pernah baca2 profil kakak di blognya tante gerda. Sudah di negeri orang yah tan?
    Bapak kemaren nanyain tante nikah sama orang apa. Aku bilang gak tau. Tapi pas aku baca-baca prodil tante, ternyata sama orang bule..🙂
    William ganteng yah tan, hehehhe..

    Kalo tante mo jalan-jalan ke kal-bar silahkan aja tan. Kemungkinan 3 tahun ke depan kan bapak di sana tan..

    Salam buat keluarga ya tan..

    Thnks sudah mampir di blog ku..🙂

  20. Gloria,

    Bapak sudah pindah toh… salam ya buat amang dan inang. Beberapa bulan yang lalu beliau berkunjung ke rumah di kampus, sempat makan bersama masakan mama Emma yang tanpa persiapan. Sempat bernostalgia sebentar dan juga didoain khusus sama amang.
    Sekarang gloria kalau digangguan nangisnya lebar luar biasa (lucu sekali..) sudah harus menjaga adik2nya. Good luck and all the best ya. Heran juga, setelah di Aussie baru membaca blog mu. Disela-sela kebosanan dan kesepian😦 cerita kalian membantu juga.

  21. @Arnaldo
    bah.. pak Aldo rupanya..
    Hehehhe
    Horas Pak..

    Thanks udah mampir pak🙂

    Walah.. udah di Aussie lagi yah pak..?? Ckckckck.. salut of u pak..
    Semangat terus pantang mundur pak.
    Salam buat Ibu dan adik itu..

    ssttttt..*bisik-bisik* jangan kasih tau dunk pak kalo dulu aku cengeng😛

  22. Hai Glo…waktu kecil aku panggil kau oli…hehehe…(dikau msh balita saat itu..)

    Dulu sering bantuin Bapak & Mama jagain kamu di rumah, krn rmh kita super duper dekat. Sekarang yang tinggal disitu abang Jonas, tepatnya Sintua Jonas Sihombing. Kau pasti ingat kan? Aku dapat blog mu dari Gerda.

    Apa kabar Mama & Bapak? Bisa minta no telp rumah atau HPnya Bapak?

    Apa kabar Tulangmu (Leoman) sama tante mu (Marianna)?

    Sepertinya blog mu ini jadi ajang reuni SMP 2 nih..hehehe…

    Ada Maryke, Gerda ‘n Arnaldo.

    Arnal, apa kabar ‘prend?

  23. @Lina
    Hallo kak..
    Aku masih ingetlah kak..
    Khan kita dah pernah jumpa waktu aku masih SMU🙂
    Oh ya, sampe sekarang panggilan “Oli” itu masih berlaku kok kak🙂

    Bapak dan mama kabarnya baik2 aja kak.

    no rumah yang di kalimantan aku gak inget kak. hehehe.
    No hp bapak aja yah.. 081315412980.

    Tulang dan tanteku semuanya baik2 aja.
    Udah pada merit juga tuh semuanya.
    Tulang leo anaknya udah 3, kalo tante ana blm ada🙂

    Kakak apa kabar?

  24. shalom kak…

    Ni Ria Turnip dr singkawang….

    ga pa2 yah ortu ka2 melayani di sini ….

    lagian Tuhan pake amang utk bina kami di ini kan..??

    Amang asik kok…lucu…cepet nyatu dg kita2 yg remaja/naposo nya….trus inang tu ke-ibuan bgt…

    waduh…pasangan yg seras yach…!!!!!????

    ^_^

    Amang & Inang pelihara anjing low…

    imut..!!!! tp serem..

    ^_^ lam kenal ya kak…

    silakan berkunjung di
    fs : mademoiselleria@yahoo.co.id

    kpn2 ke skw ajah…

    Gbu..

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s