Beban Pikiranku Setelah Retreat Alumni PI Del 03-04 Mei 2008

Event : Retreat Alumni PI Del
Tanggal Pelaksanaan : 03-04 Mei 2008
Thema : Alumni PI Del Menjadi Garam dan Terang dalam Keterlibatannya di Era Globalisasi
Lokasi : Desa Pancawati, Caringin – Bogor

Sabtu dan minggu lalu, alumni PI Del (yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya) melaksanakan retreat. Namun, hebatnya seluruh biaya pelaksanaannya di “subsidi” oleh yayasan. Sebenernya ini sebuah “halongangan bolon” (sebuah kejadian yang mencengangkan-red) bagiku pribadi.
Kok Yayasan Del segitu pedulinya dengan kami alumni yang kadang2 menurutku “kurang berbakti” ini?
Kok Yayasan mau sibuk-sibuk ngurusin kami yang sebenernya udah lepas dari tanggung jawab mereka??
Bagaimana tidak aku katakan ini sebuah “halongangan bolon” melihat ada Yayasan yang segitu baiknya memperhatikan kami?

Aku baru tiba-tiba merenung (Ya.. aku memang baru merenung sambil mendokumentasikan retreat kemaren).


Apakah kami Alumni PI Del sudah cukup peduli dengan keberadaan Yayasan Del dan PI Del sendiri?
Apakah kami pernah memperhatikan perkembangan Del dan memberi dukungan yang berarti bagi adik-adik kami disana??
Apakah kami sudah mulai membentuk sebuah aksi nyata sebagai bentuk kepedulian kami pada PI Del?

Dengan sangat malu, aku harus berani jujur untuk mengatakan BELUM.
Kami semua terlalu sibuk dengan diri kami sendiri, pekerjaan kami sendiri, hampir tidak memberi perhatian khusus untuk keberadaan Yayasan Del, PI Del dan Ikatan Alumni Del yang sudah di bentuk.
Ya Tuhan.. Aku pribadi malu menyadari ini..

Waktu acara retreat kemaren, sebelum acara retreat di buka, Sambil bercanda Ibu Devi yang kebetulan duduk di samping ku berkata kepada kami “Kalian sudah bekerja, tapi Ibu belum pernah merasakan apapun dari gaji kalian. Padahal harusnya kalian sudah ngasih Ibu nasi Kuning”.
Aku yakin beliau serius mengatakan itu walopun Ibu itu mengatakannya sambil bercanda.
Sebenernya seberapa beliau sih nasi kuning, tapi yang beliau tekankan pasti dimana bentuk perhatian kami kepada Keluarga Besar Del?? Terutama kepada Pak Luhut dan Ibu Devi.
Ah.. kenapa aku hanya bisa terdiam dan menunduk malu?

Ya Tuhan.. Bukakanlah pintu hati kami Alumni PI Del, agar memiliki kontribusi nyata baik untuk Yayasan Del/PI Del maupun untuk Repulik Indonesia yang kami cintai ini, walaupun kecil.
Bukakan pikiran dan hati kami, agar bertindak secara nyata menjadi garam dan terang di dunia ini seperti yang diharapkan Yayasan Del dari kami.
Amin..

Note:
Sebenernya ini sudah aku tuliskan tanggal 05 Mei 2008 yang lalu, tapi rencananya ini aku upload setelah aku tuliskan kesimpulan retreat kemaren. Tapi ternyata saking banyaknya kerjaan, belum sempat juga sampe sekarang. Tunggu aja, pasti kutuliskan pengalaman retreat kemaren.

Beberapa hari yang lalu waktu aku check Milis IA Del, Praise the LORD, cukup banyak alumni yang sudah nunjukin kepeduliannya akan Almamater kami tercinta itu..
Thanks GOD..
Semoga kami semua bisa merelealisasikannya.. “Dang holan hata” (Bukan omong doang-Red).

19 thoughts on “Beban Pikiranku Setelah Retreat Alumni PI Del 03-04 Mei 2008

  1. Hanya pendapat pribadi:
    Perlu diralat mungkin, ini halongangan bolon untuk alumni PI Del yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya.

  2. Hidup Gloria…..hahaha
    ternyata anda termasuk orang yang tahu balas budi walaupun sedikti terlambat…daripada tidak sadar-sadar…iya kan?🙂
    salut…salut….memang benar la seperti yang dikatakan bundomu….High Quality🙂
    AYO…semangat semangat…perjuangkan keinginan kalian untuk menunjukkan kepedulian terhadap yayasan PI-Del tersebut…
    apalagi alumninya sudah banyak yang kerja, pasti bisa lah memberikan sesuatu yang berharga kepada yayasan
    bukan hanya sekedar materi…mungkin dengan mengunjungi beliau-beliau pengurus yayasan tersebut, pasti mereka akan senang…sama halnya seperti orangtua kita yang tidak mengharapkan materi dari anaknya…melihat anaknya berhasil saja mereka sudah senang…..
    apalagi kalau mereka diingat dan dihargai dalam bentuk apapun itu

    Peace All

  3. postingan ini yang aku tunggu sejak senin lalu.
    Blogger..blogger…
    Finally ada juga biarpun menyinggung ke arah pembahasan di milis.

    Ttg pembicaraan dengan ibu Devi, aku juga mendengarnya eda. Dulu sblm retreat diadakan dan stlh tau kalo retreat kali ini masih “disubsidi” yayasan, ada keiginan untuk ga bergabung krn rasanya janggal aja kita yg udah kerja masih “disubsidi” yayasan.

    Tapi setelah dijalani, ternyata semua ada hikmat nya.
    Yang paling aku perhatikan setelah retreat, alumni makin antusias untuk melakukan program bakti ke yayasan specially buat Bpk. Luhut n Ibu Devi.

    Semoga aja program yang lagi di godok itu berjalan lancar dan nantinya program di tahun 2011 mendatang bisa terealisasi.

    Let’s do something.

  4. @riyanthi
    Memang untuk acara kemaren pesertanya masih cuma IA Del yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya mi..
    Tapi aku yakin, bukan karna IA Del yang bekerja di Medan dan sekitarnya di anak-tirikan oleh Yayasan. Dibenahi satu-satu dulu mi..

    Kita udah panjang bahas ini lewat chat mi.
    Dan aku ngerti gimana perasaan kalian yang di Medan yang seakan2 di cuekin.
    Mm… Aku berharap mami dan teman-teman yang di Medan gak berkecil hati dan tetap mendukung perkembangan organisasi IA Del ke depannya..
    Kalo bukan kita siapa lagi mi??

    @Someone
    Lebih baik telat dari pada tidak sama sekali🙂

    @Munthe Ivonne
    Iya da, aku harap juga pembahasan di milis kemaren gak sia-sia. Dan semoga bisa di proses lebih cepat

    Ayok kita dukung, kita doakan dan kita majukan organisasi kita ini🙂

    @Mami Ve
    Ada apa ni??

    @Pardosa
    Artinya apa to?? Aku kan ito-mu to, bukan apparamu..
    Cemmananya..

  5. :: Your King Emperor ::
    🙂

    U Know What I mean lah…
    I found You..
    Secret of This Puzzle…
    ConGratulations & Celebrations…Alias “MAKAN-MAKAN”
    😛

    Gloria
    bah.. apa2an ini?
    Apa maksud semua ini?
    Makan2 dalam rangka apa??
    Oalahhh…

  6. Wah retreat yach? jadi inget bentar lagi Grejaku juga mo ngadain retreat, tapi karna dananya kurang besar para panitia gi gencer2nya doa, Dukung dalam doa juga yach!!
    GBU😀

    Gloria:
    Ayo semangat-semangat mas..
    Moga-moga dana cepat terkumpul dan cukup untuk ngadain retreat.
    Amin..

    Salam kenal yah..
    Rajin2 berkunjung🙂
    Thx

  7. ck..ck..ck..
    cieeee yang dapat subsidi dari yayasan utk retreat ke bogor.
    kami juga kemrin dapat kok kak, bukan subsidi lagi, langsung 100 % dana dari mereka, puluhan juta gitu, emang yayasan kita baik kok😉

    ya, moga2 aja pas tahun kami, mereka g berubah pikiran😉

  8. >>Kok Yayasan Del segitu pedulinya dengan kami alumni yang
    kadang2 menurutku “kurang berbakti” ini?

    Yahh….semakin tua…semakin sadar nih org…..:P

    koawekowaekowaekokwaekowaewaweaewaewa

    :Igree

  9. @Okta Sihotang
    Dek mulai tahun depan, biayanya sudah ditanggung alumni dek.. Hehehhe..
    Malu dong di “suapin” terus.. padahal udah pada mandiri😀
    Makanya sekarang IA Del lagi nyusun program ke arah itu..
    Doakan IA yah dek biar makin kompak dan bisa berkontribusi nyata baik untuk PIDel sekitarnya dan untuk Indonesia🙂

    @Sule
    Hehehehhee.. begitulah to.. Kalo gak sadar2, bukan manusia lagi namanya😀

    @Ecko Manalu
    Kemaren tuh pengen beli sih.. cuma waktu itu aku lebih jatuh cinta sama bukunya Laskar Pelangi.
    Jadinya satu-satu dulu deh.. Aku pikir gitu..
    Tapi kalo ada softcopy kan lebih enak.. Gratis..😀

    @Boots
    Apanya yang bagus bang??

  10. kayaknya para alumni Del perlu disadarkan nih biar ga sombong lagi.

    Gloria:
    Upz.. Jangan marah2 dunk dek😀
    Udah mulai pada sadar kok kakak2mu ini dek. Terbukti dari cukup banyaknya respon di milis mengenai rencana ke depan.😀
    Doakanlah IA yah dek biar tetap bersatu dan bisa mengembangkan program-program yang udah direncanakan🙂
    Thanks

  11. Ito, pasti senang rasanya bahwa para alumni masih diperhatikan oleh almamaternya. Beruntung kalian bisa sekolah dan lulus dari del. Aku sendiri sangat mengagumi sang visioner, luhut panjaitan, yang telah memberikan perhatian yang begitu besar terhadap bangso batak dan bona pasogit.

    Mendirikan del di bona pasogit bukanlah tanpa alasan. Nasi kuning yang diminta oleh ibu devi mengandung makna yang begitu dalam yang perlu kalian renungkan bersama para alumni del. Kalian hanya sebagian kecil dari bangso batak, masih banyak lagi manusia berpotensi yang ada di bona pasogit yang membutuhkan perhatian segenap orang batak yang telah menikmati manisnya keberhasilan di parserahaan.

    Perjalanan kalian belum berakhir, lulus dari del adalah langkah awal untuk menjadi agen-agen pembangunan untuk bona pasogit. Seperti apa yang telah disampaikan oleh pak luhut di toba dream dialogue, sekarang kalian diharapkan menimba ilmu yang lebih banyak lagi melalui pekerjaan dan pergaulan. Suatu waktu kalian diharapkan bisa membantu dan menggantikan pak luhut untuk misi yang mulia itu.

    Horas

  12. @ rafaeltrisno

    Nyang kejam lah comment mu ttg alumni itu dek😦
    Ga sombong nya kami dek, hanya saja karena kesibukan masing2, kami tidak pernah serius membicarakan itu.
    Sering sekali terpikirkan dan dibahas, hanya saja tidak ada titik temu.

    Doakanlah dek, saat nanti kamu jadi alumni program ini sudah dijalankan.

    Intinya, semua alumni tetap cinta Del, dan ingin melakukan yang terbaik sebagai baktinya ke Del.
    Hanya saja, sama seperti yg aku sebut di atas.

    Sekarang kita sedang berusaha dan hopefully dalam waktu dekat bs terealisasi.

  13. @Marudut Pasaribu
    Iya to, emang aku sungguh bersyukur dan beruntung menjadi salah satu bagian dari tubuh Del.
    Tidak banyak almamater yang begitu memperhatikan alumni-alumninya seperti Yayasan Del.

    Semoga mimpi dan perjuangan pak Luhut ini tidak kami sia-siakan. Itu juga kemaren salah satu tujuan diadakannya pertemuan Alumni, untuk mempersatukan kami kembali.
    Memang dalam masa muda kami ini sering kali kami menemukan banyak kendala yang membuat kami terkadang “lupa daratan”.

    Saat ini Ikatan Alumni kami sedang menyusun beberapa rencana ke depan. Semoga terealisasi dan kami akhirnya bisa memberikan bukti nyata eksistensi kami Alumni PI Del.

    Thanks buat masukan yang sangat berarti ini Ito.. Semoga Alumni-alumni Del yang lain membacanya..

    Salam,
    Gloria

  14. jadi cepat2 pengen jadi alumni nich kak, supaya bisa ikutan retreat…

    heheh

    Gloria:
    Nanti kalo dah jadi alumni, pengen balik lagi ke Del.
    Jadi mending di puas2in aja dulu kul di Del nya dek🙂

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s