Kesulitan Menulis

Membuat sebuah tulisan itu emang gampang-gampang susah yah.
Aku ngalaminnya sendiri.
Pengen sekali aku nulis tentang IT (yang notabene ilmu yang aku geluti), tentang kerjaanku, tentang teknologi terbaru, tentang ilmu2 di luar bidangku, tentang politik (bukan gue banget), tentang masalah-masalah sosial, kesehatan, dll. Tapi kok kayaknya susah banget yah menuangkannya dalam tulisan?

Setiap aku mo menuliskannya selalu aja dalam otakku udah terpatri keterbatasan2 memoriku untuk menuangkannya dalam tulisan.
Akhirnya, aku putuskanlah untuk gak memaksakan otakku bekerja terlalu berat gara-gara blog.
Pekerjaan dan masalah-masalah ku udah cukup banyak makan memori otakku🙂

Dan akhirnya aku putuskanlah untuk nulis apa aja yang aku suka dan “sepertinya” berguna (sengaja kata “sepertinya” aku kasih tanda kutip, karna berguna untukku belum tentu berguna untuk orang lain).
Aku juga nulis pengalaman-pengalaman ringan yang udah beri aku pelajaran dalam menjalani hidup.
Ya sebatas itu saja.
Capek aku maksain, harus begini, harus begitu, harus terkesan ilmiah, ada bukti, terkesan berilmu tinggi.. hoalahh.. udah capek duluan aku mikirin itu.

Itu makanya dari dulu aku tak niat punya blog. Kalo pun ada, ya sebatas curhat dan email-email kutipanku dari milis, web, atau dari mana saja. Aku buat blog ini juga kebetulan.
Waktu itu ntah kenapa terlintas aja di otakku WordPress, akhirnya jadilah blog ini😀
Dan awalnya blog ini aku tulis kalo lagi ngantuk aja di kantor (sampe-sampe ada tulisanku tentang fenomena ngantuk).. hehehe..

Akhir kata, tulis ajalah..
Tulis apa yang kau suka. Tulis apa yang kau mampu.
Jangan dipaksain mikir atau nulisin sesuatu yang diluar jangkauan kemampuanmu.
Ntar juga ngalir sendiri.
Selamat menulis ngeblog..😀

Updated 29 April 2008:

Tadi iseng-iseng Blog-Walking ketemu dengan tulisan ini..
Yah.. Aku setuju dengan pendapat beliau🙂

22 thoughts on “Kesulitan Menulis

  1. Sebetulnya bukan sulit menulis artikel tentang IT….

    Cuma kau aja kali dek yg malass…huehuheuheu

    Unang pagodanghu alasan…kekekekee

    aku PM/IM aja di YM…replynya bisa 1 hari baru dibalas

  2. @Zee
    Hehehe.. tul skali kak..

    @Echi
    Semangat!! Thank udah berkunjung🙂

    @rafaeltrisno
    Yup. Emang ada aja sih yang mo ditulis, kadang saking banyaknya, jadi lupa apa yang mo ditulis.. Loh kok?? Ya begitulah fenomena yang terjadi (halah.. Inget Pak Sas deh kalo udah bahas “Fenomena” )😀

    @Manik
    Hahahha.. mungkin juga to😛
    Kalo soal YM yang gak kubalas, karna emang jarangnya aku OL di YM to.. Situtu nai.. “)

  3. beghh.. jgn jd beban eda, malah blog itu jadikan tempat pelarian kalo lagi jenuh.

    Biasanya kita terbebani ngeblog krn ada niat spy blog kita dikunjungi orang, ibarat kejaran setoran gitu.

    kalo emang lagi ada ide ya monggo ditulis, kalo belum dapat ilham, ya biarin aja dulu blognya jamuran, kaya blog ku itu😀

  4. hmmmmm….dari nasihat dari beberapa orang, katanyah kalok kita maok nulis ya nulis ajah…jangan banyakan mikir…ngalir ajah apa yang maok kita tulis…kalok tulisan ituh sudah jadi, langkah selanjutnyah adalah…..
    @ mengedit tulisan yang sudah kita buat
    @ meminta pendapat orang lain, baik atawa buruk kita terima, kalok tulisan kita memang buruk ya kita terima saja komentar ituh…jangan dengerin komentar yang keknya cuma basa-basi…bilang tulisan kita baik tapi ternyata dalam kenyataannya buruk, mendingan kita menerima kritikan paling pedas sekalipun karena kemungkinan itu sebagai bahan koreksi bagi tulisan2 kita selanjutnya.
    sekali lagi kalok kita maok nulis ya nulis ajah…
    Pramudya ananta Toer pernah berkata bahwa kalok muncul ide ya tinggal siapin pena dan kertas (kalok mungkin sekarang siapin komputer) dan langsung nulis ajah…jangan sampe nunggu mood kita hilang lagi….
    *hayah nulis apa aku inih* :mrgreen:

  5. satu lagi yang paling penting adalah, tulislah tulisan dengan bahan yang kita ketahui, misalnya saja anda maok menulis tentang IT karena memang anda memiliki kemampuan untuk itu…ya tulislah tentang IT…karena tulisan dengan bahan yang udah kita kuasai akan memunculkan tulisan yang baik dan jika saja ada orang yang bertanya mengenai maksud dari tulisan tersebut kita bisa menjawabnyah…. :mrgreen:
    *nulis apa lagi akuh inih…* :mrgreen:
    *pingsan* 😯

  6. @Ivonne

    Hehehe.. itu dulu daQ
    Waktu aku sering kali mikir dulu baru nulis2.
    Dulu pengenna tulisan tu nang mantap2 gitu hihihi.. Ternyata hasilnya Nol besar.
    Gak jadi satu pun.
    Terakhirnya, aku tulis2lah suka2ku.. ternyata ngalir ajanya. Gak sesulit yang kubayangkan.. Asal ada ide aja😀

    Thnks anyway daq.. Kau antong, belajarlah dulu. Lagi UTS kan.?? Anak kuliahan sih.. Nanti kita nge blog sama2 lagi😛

    @Abeeayang™
    Masukanna bagus sekali pren.. Tarimo kasih yow.. (duh.. jadi ikut2an aneh nih bahasaku😛 )

    BTW, Luthu kali pun bahasamu pren..😀

  7. hihi UTS?? maaf ku jenuh padamuuuu … (rap mangendehon ende ni si Rio Febrian)😀

    Lagi jenuh juga disini eda, mikirin kerjaan, mikirin UTS, mau nulis ga ada ide (ada sih, cuma lagi males😀 )
    jd nya blogwalking gini, n ngaco ga jelas arah nya😀

  8. Ini ntah akan berarti apa, diserahkan kembali kepada pemahaman masing2…

    seorang rekan yang lagi mengikuti kuliah di Jerman, ditanyakan oleh dosennya.
    “Kamu hobi apa ???”
    “Saya hobi menulis”, jawab rekanku.
    trus… dibalas kembali oleh si dosen
    “Ohhh… Great. Kamu berarti banyak baca ya ? ”

    trus rekan aku bilang ke aku… kalau di indonesia dulu begini:
    “Kamu hobi apa ? ”
    “Saya hobi menulis”
    “Hmm.. Kamu ud nulis apa aja emang ? ”

    Nah…. silahkan simpulkan sendiri.. mengapa bisa tanggapan dosen jerman dan dosen indonesia berbeda ???

  9. tul banget ..
    ada ujar-ujar juga dik (bukan mas lagi deh :p ) yang bilang kalo ingin hidup abadi .. menulislah.

    andaikata jaman penjajahan dulu dah ada blog .. mungkin kita bisa kasih koment atas surat-surat kartini🙂

  10. @Ivonne
    Semangat da.. tinggal minggu ini kan UTS nya?? Ingat, itu uang kuliahmu kan hasil jerih payahmu sendiri sekarang. Sayang kalo disia2kan😀 (ngomong apa aku ini😛 )

    @realylife
    Semangat!!🙂

    @Ecko Manalu
    jadi intinya kalo di Indonesia, kalo gemar menulis harus sudah mengeluarkan tulisan? Begitukah artinya bang??
    Lagi Telmi aku bang..😀

    @nindityo
    Betul mas😀

    Thanks udah dateng lagi mas🙂

  11. hmmmm………

    yg pastinya sih…cobain aja dulu dr awal apa tuh yg biasa menjadi kendala seseorang dalam komputer tuh….

    klo aq sih masih banyakan ambil brita2…..

    Klo untuk tutorial nya cobain dari penggunaan windows dulu tuh….masih banyak kan tips dan trik windows yang tiba2 kita ketahui…

    klo aq liat.. banyakan yg di posting2 tuh…yg ada di majalah2 komputer juga….dgn edit2 dikit….

    Keep Enjoy With Your Blog

    Regards.

  12. Nutri Jeruk ajalah sediakan ama ku…..

    lebih enak itu……….dari pada kopi…….

    klo kopi bisalah nantek awak ga bobo 24 jam….sedangkan ga minum kopi aja…..awak tidur cuma 3 jam…….

    liat aja yg di blog ku….semuanya rata2 ku ambil dari situs online….

    tp aq edit2 dikitlah…tp usahakan untuk membutikkan nya dulu

    sule

    Keep Enjoy With Your Blog…

    In My Hand Was here

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

