KKR NHKBP Distrik 21 Jakarta 3

Sebelum minggu ini berlalu, aku ingin mendokumentasikan KKR yang aku ikuti minggu lalu.

hkbp-menteng.jpg

Hari sabtu, tanggal 29 Maret 2008 yang lalu aku ikut ke acara KKR NHKBP yang diadakan oleh Distrik 21 Jakarta 3.
Acaranya diadakah di HKBP Menteng Jl. Jambu.
Berhubung ini acara Distrik, aku udah mengira-ngira pesertanya akan banyak sekali.
Ternyata jauh meleset dari yang kuduga.
Tapi kalo aku bilang, kasian deh kalian yang di undang tapi gak datang. Sudah terlewatkan satu momen indah lagi bersama Tuhan dan teman-teman seiman.
Dan satu lagi, kelewatan satu momen untuk lirik-lirik Naposo (muda-mudi) dari gereja lain..😀

Aku dan rekan-rekan naposo dari gerejaku, HKBP Semper, rencananya berangkat jam 15.00 WIB.
Tapi dasar batak, baru berangkat jam setengah 5. Padahal acara dimulai jam 5.
Buset dah.. Kesel banget aku sebenernya..
Aku udah pasrah aja kami telat.

Tapi “syukurlah”.. begitu nyampe di lokasi ternyata acaranya belum mulai..
Acaranya baru di mulai jam 6, meleset 1 jam dari perkiraan.
Ah lagi-lagi jam batak.. Ngaret.. Jadi keinget Natal IA Del 08 Desember 2007 yang lalu. Telat sejam juga.. Menyedihkan plus memalukan.
Gimana caranya yah mengubah kebiasaan ini??

Back ke inti KKR ini.
Thema yang diambil adalah Thema HKBP tahun ini yang tertulis di Yohanes 15:16aBukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah

Yang intinya: Tuhan pengen anak-anak yang telah IA pilih, ikut bekerja dan menghasilkan buah, yang gak lain adalah jiwa-jiwa baru bagi Tuhan.
Jiwa-jiwa baru yang dimaksud bukan berarti harus yang non-Kristen.
Tapi bisa jadi saudara, teman, kerabat, kenalan yang mengaku dirinya Kristen, tapi tak pernah mau datang ke gereja, tidak pernah buka Alkitab, main judi, mabuk-mabukan, dll.

Pengkhotbahnya adalah Bpk Pdt. Mangapul Sagala, Dth.

seminaradat.jpg

Khotbah beliau kena banget.
Setiap sentilan, tegoran maupun pelajaran yang diberikan bener2 me-refresh kehidupan rohaniku. Dan mungkin jemaat-jemaat yang lain merasakan perasaan yang sama, karena aku lihat semuanya bersemangat sekali mendengarkan beliau.

Selain itu juga amang itu memberikan peringatan khusus buat anak-anak Tuhan yang hadir tentang Akhir Zaman. Ayat acuannya beliau ambil dari 2 Timotius 3:1-7.

3:1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
3:2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
3:3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
3:4 suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
3:5 Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!
3:6 Sebab di antara mereka terdapat orang-orang yang menyelundup ke rumah orang lain dan menjerat perempuan-perempuan lemah yang sarat dengan dosa dan dikuasai oleh berbagai-bagai nafsu,
3:7 yang walaupun selalu ingin diajar, namun tidak pernah dapat mengenal kebenaran.

Tantangan di akhir zaman ini tidak mudah.
Itu makanya anak-anak Tuhan diminta untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Tuhan.
Memohon kekuatan dariNYA agar dimampukan melewati setiap ujian yang datang pada anak-anakNYA.

Beliau juga membagikan ayat ini untuk sebagai peringatan bagi anak-anak Tuhan. 2 Timotius 3 : 14-17

3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
3:17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Dan banyak lagi pengajaran yang beliau tuturkan termasuk hal-hal yang sering dianggap sepele oleh anak-anak muda Kristen Batak sekarang.

Misalnya: Lebih senang menyanyikan lagu-lagu yang dibawakan oleh Franky Sihombing dari pada lagu-lagu yang di Buku Ende (Amang itu sengaja menyentil hal ini, karena pada saat menyanyi lagu-lagu rohani baru masa kini kami semangatnya bukan main.
Sampe diulang 2 atau 3 kali. Tapi tiba saat menyanyikan lagu buku ende, lagunya hanya di nyanyikan sekali dan itupun dengan lesu. Tanpa semangat. Akh.. Kena aku!!)

Amang itu juga nanya siapa yang bawa Alkitab, dan yang tunjuk tangan hanya sedikit. Kelihatannya sepele, tapi ternyata kalo dipikir, iya juga. Ke gereja aja udah malas bawa Alkitab, mau jadi apa kita ini!! (Kali ini aku beruntung, karena aku bawa Alkitab. Itu juga pas di rumah, udah bolak balik mikir, bawa apa nggak😀 ), dan pengajaran-pengajaran lainnya.

Aku bersyukur sekali Tuhan berikan aku kesempatan untuk dapat merasakan kebersamaan dengan Tuhan dan teman-teman seiman untuk menyegarkan kembali iman dan percayaku kepada-NYA.
Karna memang sering sekali aku rasakan, aku rindu momen-momen seperti ini.

Dan di akhir acara, lagi-lagi kami Naposo yang hadir saat itu, diutus untuk menjadi “perpanjangan tangan” Tuhan menyebarkan FirmanNya, tentunya di ladang mana kami di tugaskan.

Tuhan Kuatkan kami anak-anakMU. Amin..

24 thoughts on “KKR NHKBP Distrik 21 Jakarta 3

  1. Dasar eda motivasinya ikut KKR ternyata biar bisa lirik lirik naposonya juga toh.. (nungga sala be ho boru😀 )

    beh.. ditegor juga aku eda penggemar hillsong ama GMB ini.

    btw, thanks eda, ini jd peringatan bagiku utk bawa alkitab ke KKR tgl 26 nanti. Udah rencana juga sih ga bawa alkitab soalnya ke KKR dari kampus dulu dan kemungkinan besar telat juga mengingat ujian kelar jam 17.
    Tp stlh baca postingan mu ini, kuputuskan utk bawa alkitab ke kampus😀

    Boan sadanari
    (siapalah yah kira2 yg akan aku bawa??)

    glorialimbong:Hahahahhaa… sampingannya lah antong da lirik2 itu😛

    Sapa yang mo kw bawa? Itu pergumulan eda lah antongan. Berjuang!!🙂

    Aniway bukan “Boan sadanari” ternyata, tapi “Boan Sadanai” baru kemaren aku perhatikan di spanduknya itu😀

  2. Lirik-lirik naposo? Astaga…. udah lama banget aku ga melakukan itu! Bahkan udah lupa rasanya hehe… Udah 6 tahun sih yg dilirik yg itu-itu aja. Sampe bosen ngeliriknya, soalnya ga berubah2 juga jadi brad pitt haha…

  3. @Bu Anas

    Hahahhaha.. Ibu kan masa lirik2nya udah lewat bu. Sekarang giliran kami yang muda2 ini. hihihiihi…

    Ya iyalah gak berubah bu, malah ntar puluhan tahun ke depan pasti wajahnya tetep aja tuh bu, Lagian kan pak Rudolf ganteng bu, jadi ibu pasti betahlah mandangin lama2.. hahaha.. Piss Bu..

  4. Yang karna cakepnya yang dilirik2 ibu anas itu kayanya eda, makanya tahan ibu anas lirik2 yang itu2 aja sampe 6 tahun.

    Bu anas,
    kalo yang dilirik2 selama 6 tahun itu ga berubah jd brad pitt, semoga lah juniornya yg mirip😀 biar ganti yang mau dilirik lirik😀

    glorialimbong:

    Huahahahha… Aku tau Ibu Anas pasti langsung teriak disana menyerukan “Aminnnnnn… ”😀

  5. yang aku kirainnya kau emank bnr2 niat ikutin KKR itu dari dasar hatimu..tnyata melirik2..ha..ha..ha…emank kau ya,gi..

    cuman aku maklum koq..dulu pun aku kya gitu..wakakakakakkk..tapi mumpung msh ada yah ga lagi lah..hihihihi..[diem2 aja kau,gi..jgn kau bocorkan ama dia ya..dia ga tau kebiasaan buruk ku yg satu ini..]

    so dapet yg dilirik.gi??

  6. @Yunteq

    hahahah,, Yunteqno…
    Itukan sampingan Yun.. Hihihi..

    so dapet yg dilirik gi??

    Dapet yun.. tapi cuma berani melirik aja. Memandang dari jauh.. Hahahaha
    Seandainya Tuhan mengijinkan kami bertemu lagi.. *Maunya dehhhh😛 *

    BTW, koq komen2 yang masuk rata2 mengomentari itu yah.. walah.. ketauan nih lagi pada puber😀

  7. makanya ,gi..klo ngelirik itu jgn karena casingnya doank yg kau liat..sinyalnya bokkkkk…
    heheheheh..hengpong kaleee…hahahahahahah…

    glorialimbong:

    Hahhaa..kau emang kalo membahas soal beginian lancar..
    Udah ah Yun.. Malu bahas beginian di topik ini..😛

  8. @ Ryanthi
    Mami sih enak ada kesempatan lirik2 terus.. aku hiks2.. gereja nya kan lain.. huhuhuuhuhuuhu..😀

    Tapi mi, aku udah kenal orangnya koq, dia udah pernah ke rumah 2 tahun yang lalu. Waktu aku masih di Del. Anak IT juga. Hahahahhaa..

    Tapi ah.. mungkin “kebetulan” aja nya itu..😀

  9. Sebentar..sebentar…kayak nya kau pernah cerita d.
    Siapaaa…gitu namanya ya…ntah abang apa kau bilang namanya kemarin2 itu, he..he..he..Iya kan?

    glorialimbong:
    Hah?? Pernah yah.. Hahahaha..
    Iyalah kali mi.. itulah itu.. Udah ah mi.. by chat aja.. biar lebih enak bahasnya😀

  10. Halo kak…

    wah wah wah…dimana2 batak itu sama aja ya…
    karetttttttttttttttttttt…………mlulu….ga pernah bs ontime

    eh kak..kapan2 aku juga mau ikut KKR..

    Miss u

    glorialimbong:
    Iya tuh dek.. mengecewakan..😦
    Kapan2 kalo ada KKR lagi, ya boleh lah ikut dek, asalkan kau di JKT aja😀

    Lagi pada UTS kan, met beruji dek..
    Give your best yah..

    MU2 and GBU🙂

  11. Just tagged to your blog,

    kayanya photo yg paling atas sama persis sama photo HKBP Menteng yg diambil Pdt. D.Harahap 🙂

    nice blog, keep writing, ito 🙂

    .ds

    ps: tapi untuk konten ini saya sudah kapok sama mangapul sagala hehe… but, never mind.

  12. @Daniel Simanjuntak

    Kalo soal picture yang ada di blog ini emang aku search dari Internet to.
    Kebetulan foto HKBP Menteng yang dapet, foto dari album Amang Pdt Daniel Harahap (Mauliate Amang Pdt😀 Maaf aku ambil diam2, hehehhe)

    Thkns buat kunjungannya ito..

    Upz, ada apa dengan Bpk Pdt. Mangapul to?

  13. ndak apa2, sudah masa lalu🙂

    tadi cuma iseng aja ngeliat2 blog orang, dah lama gak ngurusin blog sendiri karena malas jadinya ngeliatin blog orang aja sambil ngebayangin punya blog kaya orang itu haha..

    ok, sesama aktivis naposo harus saling mendukung, to..
    good luck dengan blognya y.

    oiy, ada blog rohani bagus juga di
    http://www.joas.berteologi.net

    Daniel Simanjuntak
    -masih terdaftar di NHKBP Taman Mini-

  14. @dsimanjuntak
    Hehehhe.. siplah to.. Terima kasih untuk dukungannya.
    Ayoklah aktip lagi nge blog to. Itu kan talenta juga to. Masa’ gak dipake?😀

    Oh.. masih ikut NHKBP, kirain ito udah berkeluarga dan punya anak..😛

    Tks buat referensi blog nya. Tar aku kunjungin deh..

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

