Pujian Vs. Kritik lebih ampuh mana?

Dalam pemikiranku sendiri, pujian itu jauh lebih ampuh “bekerja” dalam diri seseorang ketimbang kritik.

Contohnya aja nih, seorang atasan melihat ada yang salah dengan pekerjaan bawahannya.
Setelah itu dia akan mengkritik habis2an pekerjaan bawahannya itu. Tapi begitu pekerjaan bawahannya bagus dan patut dipuji, dia tidak memujinya.
Malah dianggap biasa saja.
Gimana bawahannya semakin betah dan meningkatkan kinerjanya kalo begitu?

Tidak usah kita pungkiri, setiap manusia itu butuh reward atau penghargaan orang lain.
Walaupun bukan itu satu-satunya tujuan.

Tapi pujian juga maunya kita lakukan dengan tulus, gak munafik.
Apalagi dengan niat supaya kita balas dipuji🙂 (Pengalaman pribadi ni kayaknya🙂.

Tapi kritik juga kadang2 perlu sih.
Asal dalam porsinya aja.
Aku pribadi masih belajar menyampaikan kritik secara halus.
Karna sebenernya aku juga penakut dalam hal menyampaikan kritik. Takut orang yang dikritik tersinggung dan malah gak mau berteman lagi sama aku😦.

Intinya Pujian dan Kritik sama2 perlu.
Sama2 ampuh kalo disampaikan pada waktu, tempat dan cara yang tepat.

2 thoughts on “Pujian Vs. Kritik lebih ampuh mana?

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s