Aku dan Hati Kecilku :-)

Be Your Self

Dulu kata2 itu tak pernah terlalu berarti buatku.
Biasa aja. Aku hanya sekedar senang mengatakannya.
Sampe sabtu pagi tanggal 16 Feb 2008 kemaren kata2 itu berdampak buatku.

Dua minggu yang lalu, kalo gak salah tanggal 05 Feb 08, kak Uly (Sie Kebaktian NKHBP Diaspora-red) nge-sms memintaku untuk menjadi MC kebaktian NHKBP Diaspora di gereja kami.
OMG, aku paling gak ngerti jadi MC begituan.
Sejarahnya waktu di kampus, setiap ada giliran kelas kami membawakan acara kebaktian aku akan milih kerja di belakang layar, mulai dari milihin orang2 yang mau jadi pelayannya, ngerjain susunan acara sampai milihin lagunya, asalkan jangan di suruh jadi MC.

Aku malas tampil.. Lebih tepatnya takut malu2in..
Aku itu grogian banget…Seminggu ato sebulan sebelum tampil pun aku udah ketakutan sendiri, gemetaran, tangan basah, suara bergetar. Hih.. seremlah..
Itu alasanku selalu menolak tampil.
Kalo pun aku mo tampil, paling di depan adik2 sekolah mingguku dulu
Kalo gak, karna terpaksa atau kalo gak kalo aku udah bener2 familiar atau nyaman dengan lingkunganku itu.

Biasanya alasanku menolak tampil selalu begini, “Toh kalo pelayanan sama Tuhan gak harus tampil koq.”
Ada benernya juga, tapi gak 100%.
Aku selalu tawar menawar sama Tuhan kalo soal tampil di depan umum.
Itu makanya setiap kali nolak, aku tau sebenarnya hati kecilku marah. Aku tau Tuhan sedang kecewa.
Tapi sering kusadari, aku membujuk Tuhan dengan berkata “Tuhan, kapan2 ajalah itu. Sampe ketemu waktu yang cocok. Ketika aku bener2 siap”.
Dan Tuhan berkata, “Waktu yang cocok itu kapan?”
Dan aku pun diam..

Kembali ke ttg MC Kebaktian.
Jadi ceritanya, saking semangatnya mo nolak tawaran itu, aku gak terlalu detil memperhatikan tanggal. Yang kutau kebaktian itu biasanya sabtu malam. Dan kusimpulkan itu tanggal 09 Feb 08 (Hari sabtu yang paling dekat dengan tanggal 05 Feb 2008). Dengan terburu2 ku sms balik kakak itu.
Aku bilang begini “Aduh.. maaf yah kak. Bukannya aku gak mau. tapi hari sabtu ini aku ke bogor”.
Dan 5 detik kemudian langsung ada sms masuk lagi dengan sms super singkat “16 feb 2008”.
Aku cek balik sms sebelumnya.. Oalah.. bener, ternyata tanggal 16 Feb 2008.
Hikz..Mate aku, tak ada alasan untuk menolak lagi.
Akhirnya dengan sedikit berat hati kuiyakanlah, apalagi hati kecilku seakan meledek aku “Katanya mo pelayanan.. tapi knp kalo di kasih tugas begitu aja langsung banyak alasan”.
😐
Iya dehh… aku nyerahhh.. Aku mau..😛

Setiap hari dalam minggu sebelum hari H, aku pasti mikirin itu.
Nginget2 temen2 yang pernah jadi MC.
Nginget2 betapa PD nya mereka dan betapa banyak kata2 indah yang keluar dari mulut mereka.
“Aku ingin seperti mereka” jeritku dalam hati.
Tapi mana mungkin bisa..
Belum lagi aku tidak terlalu kenal dengan mereka semua.
Akh..tidur ajalah.
Dan aku pun tertidur.

Tak terasa, udah tiba tanggal 16 Feb 08.
Kulirik HP disamping bantalku dan kulihat waktu sudah menunjukkan pkl 07.30 WIB. Tadi malam aku emang tidur kelamaan karna mikirin masalah ku dengan seseorang. Dengan bermalas2an aku bangkit dari t4 tidurku, ambil minum, aku rendam pakaian yang mau kucuci dan aku kembali ke tempat tidurku.
Kali ini untuk saat teduh bukan untuk tidur🙂.
Setelah selesai saat teduh, aku mencuci pakaian ku dan bersiap2 pulang ke rumah.

Singkat kata, tak ada persiapan yang cukup berarti yang aku buat untuk acara itu.
Bahkan acaranya baru kuketik jam 1 siang.
Setelah selesai, aku coba latihan.
Menirukan gaya temen2ku yang sudah biasa ng-MC.
Bahkan aku minta diajarin sama adekku Epi ttg gimana cara ngomongnya.
Tapi ntah kenapa, rasanya gak cocok.
Hati kecilku bilang untuk gak usah niru2 gaya mereka. Hanya pelajarilah apa yang harus dilakukan. Bukan meniru cara bertindak dan kata2 mereka.

Aha.. Be Your Self (Ada lampu2 gitu di dekat kepalaku :D).
Tiba2 kata2 itu terlintas dibenakku.
Aku tau skrg, gimana cara membawakannya.
Dengan menjadi diriku sendiri. Dengan versiku sendiri, apa adanya (Sulit aku menggambarkan perasaanku saat itu).
Aku tiba2 jadi percaya diri, gak grogi dan percaya bahwa aku pasti bisa.

Akhirnya saat membawakan acara itu pun tiba.
Yang datang sedikit sekali., hanya sekitar 15 orang. Ada sedikit kekecewaan di hatiku.
Tapi tak papalah.. Yang penting aku udah mau tampil di hadapan jemaat Tuhan.

Oia, gak usahlah bayangkan aku tampil sangat Wah..
Sama sekali nggak
Masih banyak kekurangan disana sini..
Tapi yang pasti aku pribadi mengalami sedikit kemajuan.
Aku tak terlalu takut tampil lagi. Setidaknya sampai saat ini. Dan kuharap sampai seterusnya.
Aku senang sekali.
Tuhan ternyata punya cara untuk mengubah kelemahanku itu.
Terima Kasih Yesus karena Tuhan buka jalan untuk mengubahku sedikit demi sedikit.

Pesanku: Banyak2 mendengar kata hatimu, dari sana terpancar sumber kehidupan🙂.

Amsal 4 : 23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”

12 thoughts on “Aku dan Hati Kecilku :-)

  1. Pada diri setiap orang “hati kecil” itu ada to, pasti hati kecil kita itu menjawab setiap kita bertanya. Kadang kita aja yang mengabaikannya (seperti aku diatas, berusaha membenarkan diri, walopun hatiku bilang kalo aku salah).
    Intinya belajar mendengar to, kek Samuel yang telinganya peka itu🙂

  2. Mba Gloria… tolong dijelaskan arti kata “menggambatkan” yang ad ditulisan anda diatas.. Saya sedikit “LINGLUNG” dengan kata ini

    Mohon Pencerahan

    waiting Mode = ON
    😛

  3. Iy nih To… aq mgkn sma sperti ito yg dulu, org yg selalu hanya berada di balik layar…

    Pengen sih kayak ito skrang yg uda brani utk jd MC..

    Doain aq jg ya To, supaya bisa Be Your Self

    Gbu ToQ

  4. saya pernah mengalami hal seperti ini…

    tapi karena dalam kondisi terpaksa rupanya kita [manusia] nih jadi punya “extra power + ability” yah..hehehe…

    jadi MC di depan presdir, gak pernah kebayang…hahaha…
    tapi karena terpaksa dan tidak bisa tidak akhirnya kalimat-kalimat yang tidak pernah saya susun pun ngalir sendiri…

    #i still wandering where is it coming from…huehuehuehueee…#

    horas,

    http://sihotang407.wordpress.com

  5. syalom ka, aku uthe dr NHKBP Kebayoran Selatan.
    kami ingin mengundang NHKBP Diaspora untuk mengikuti festival koor kami yang akan dilaksanakan pd tanggal 4 Juli 2009 (babak penyisihan) dan 18 Juli 2009 (babak final). tapi sampai skrg kami belum punya no. CP baik ketua naposo maupun pengurus naposo dr HKBP Diaspora. kalo kaka gak keberatan, tolong di-email ke alamat email aku no. ketua naposo dr HKBP Diaspora ato pls hub. 08128330633 ato 021-94917203
    thanks bgt yaa ka. Gbu..

  6. waah pas bgnt dengan aku skrg ini nih, suka grogian kalo disuruh jd mc dan slalu brsaha nolak, tapi aku trs ditunjuk,

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

