Macam-macam bentuk Ungkapan Sayang :-)

There are so much people that really hard to show that she/he love someone. Even their family or his/her bestfriends.

love.jpg

Aku dulunya adalah salah satu tipe orang yang susah ngungkapin rasa sayangku. Terutama lewat kata-kata.
Sepertinya, ada pengganjal besar di kerongkonganku :-D .
Tapi semakin tua dan dewasa tentunya, aku semakin mengerti bahwa setiap orang perlu menunjukkan rasa sayangnya. Entah lewat kata ataupun perbuatan (better both).

Menurutku setiap orang butuh kasih sayang, butuh perhatian dan butuh pengertian dari orang lain. Tidak melulu pasangan, teman atau keluarga.

GOD, the most IMPORTANT.

Kembali ke soal bentuk-bentuk ungkapan sayang itu sendiri.
Di rumah kami ada 6 orang yang dikumpulkan Tuhan menjadi sebuah keluarga (Bapak, Mama, Abang Posan, Aku, Adek Satdes dan Adek Epi). Masing-masing memiliki cara tersendiri untuk nunjukin kasih sayangnya.

Bapak

Paling ketauan sayangnya kalo kami (anak-anaknya) lagi nggak di rumah. Apalagi semenjak ada HP. Nanya: lagi dimana inang? Kenapa gak pulang? Gak rindu sama Bapak? Hmm.. Cenderung over-protected.
Kadang2 keluar juga ucapan “kami kan sudah besar pak.. masa lapor-lapor terus??”. Kalo udah gitu, bapak pasti agak sedikit marah..
Tapi diam-diam, kami senang di perlakukan begitu, meskipun waktu masa-masa puber dulu jadi sering ngambek gara-gara masalah begituan :-)

I think not only my pa’ that shows his love like that..

Jarang sekali mengungkapkan lewat ucapan, tapi sering kali menunjukkannya lewat perhatian.

bapak-n-mama.jpg

Mama

Cenderung memperlihatkan sayangnya dengan menasehati panjang lebar, Ngomel (mamaku paling anti di bilang cerewet hehehe) — aku pikir rata2 Ibu batak cerewet — :-D dan paling parah marah-marah.
Aku suka sebel, bahkan nangis kalo mamaku ini lagi ngomel atau marah-marah (syukurlah Tuhan mempersatukan beliau sama orang yang sabar :-D ).
Tapi sekarang aku makin menyadari betapa besarnya rasa sayang mama sama kami anak2nya. Ditambah lagi mamaku ini makin lama makin penuh pengertian, omelannya gak sepanjang dulu lagi (Ibarat dulu sepanjang sungai nil, sekarang “hanya” sepanjang sungai musi :-D ) dan yang paling aku salutin, makin bijaksana (Berbahagialah orang yang sudah memiliki sifat ini)..

How I proud of her so much. I wanna be like mom..

Abang Posan (Samuel)

bang-posan.jpg
Dulu abangku ini jaim banget, tak pernah aku tau dia sayang siapa.
Tapi sekarang aku lihat, dia banyak berubah. Sama seperti aku, semakin hari semakin mengerti arti kasih sayang orang lain dan tidak pernah segan bilang sayang sama orang lain-khususnya keluarganya (aku gak tau apakah dia juga begitu sama cewek yang ditaksirnya :-D )

Adekku satdes (Ridho)

satdes.jpg

Anak ini cenderung introvert. Sampai SMU dia orangnya cenderung cuek dengan sekeliling, bahkan tamu-tamu yang rajin bertandang ke rumah sering mengira anak bapak dan mama itu 3 orang, karena anak yang satu ini sering hidden, ntah kemana.
Aku dulu tak pernah tau apa maunya, apa yang dihatinya.
But now, Tuhan benar-benar mengubahkannya.
Dia tidak se-introvert dulu lagi.
Dia sudah mulai bisa menunjukkan rasa sayangnya dengan mencium mama kalo mau berangkat ke gereja atau kuliah, majang foto Bapak, mama dan kami berempat di dompetnya, hehehe.. lucu lihatnya :-D , dll.
I proud of him..

– Adekku Epi –

epi.jpg

Seperti anak bontot lainnya, dia cenderung lebih pengen di perhatikan.
Tapi dari kecil dialah yang paling bisa menunjukkan rasa sayangnya. Terutama sama bapak dan mama. Gak kayak 3 orang (abang dan kakaknya).. Sesudah besar baru mengerti pentingnya nunjukin kasih sayang dan perhatian sama orang lain.

How about me??

Yah… tak usahlah kuceritakan, yang pasti aku punya cara sendiri nunjukin rasa sayangku (Hallah.. sok misterius :-P ).

Nah.. Yang pasti..

Setiap orang pasti punya cara tensendiri buat nunjukin kasih sayangnya.

Bisa dengan marah-marah, bisa dengan ucapan I Love U, bisa dengan menegor kesalahan, bisa dengan memuji, bisa dengan mencium, bisa dengan mengantar-jemput, bisa dengan hanya memandangi foto orang yang disayanginya (sangat tidak dianjurkan :-D ), membelikan coklat, membeli kado kala ulang tahun dan banyak sekali bentuk perhatian dan kasih sayang itu.

Setiap orang punya cara sendiri!

Jadi tak usahlah menuntut perhatian dari orang lain itu harus begini, harus begitu.
Misalnya aja orang pacaran, harus di sms 3 x sehari (kayak makan obat), harus di anterin kalo kemana-mana, dll.
Belajar menyayangi, artinya belajar untuk tidak egois, belajar untuk membebaskan orang yang kita sayangi untuk menjadi dirinya sendiri.

Next – Silahkan petik sendiri pembelajaran yang menurutmu bisa berguna untukmu. Dan jika masih kurang, silahkan di jabarkan sendiri di dalam hati atau kalo pengen berbagi dengan orang lain, silahkan di tambahkan di comment :-D

Aniway, Aku juga masih belajar koq. Just share what I feel and what I think :-)

36 pemikiran pada “Macam-macam bentuk Ungkapan Sayang :-)

  1. Ya bisa jg nunjukin kasih sayang dengan cara mencurahkannya dengan menulis blog :-D, dah tau kok go, caramu ngungkapkan kasih sayang ;-)

  2. begh,, berbeda bgt cara adek epi ekspress her love dgn diriku yg sama2 anak bontot :D
    Diriku malah ga bisa ekpress my luv baik ama org tua, sodara, ato teman2 ato ama seseorang yg kamu tau (*buat org2 penasaran lagi eda :D *).
    Yang bisa aku lakukan hanya berdoa buat org2 yg aku sayangi n tentunya mereka ga mengetahui itu jd mereka pikir aku sama sekali ga sayang ama mereka :(

  3. Boyu, ini kali pertamanya mami mampir di blognya boyu. Tulisan nya bagus and struktur nya rapih. Keep it up ya boyu.

    Aniwey, kalo mami sayang ma seseorang biasanya mami jadi salah tingkah. Ga tau mo ngekspresiin gimana. Soalnya takut salah dikira norak :P

  4. klo gw orang’a cuek dan tuk berinisiatif bilang sayang ke cewe gw itu jarang bgt..maka’a untung bgt gw punya ara,dia mau terima gw dengan kekurangan gw kaya gt!!
    pi tetap dihati gw cuma ada dia,dan suatu saat nanti gw janji bakal lebih mencintai dia lebih dari ungkapan atau perlakuan kaya yang dilakuin orang pacaran sewajarnya.

    Gloria:
    Cieh.. cuit..cuit..
    Emang lebih penting perbuatan kok dari pada kata-kata.

    Aniway, salam kenal :-)

  5. aku juga termasuk orng yang sulit mengucapkan kata “sayang”
    hmm mungkin selain keluarga, sy belum menemukan “love” kepada seseorng,,

    salam

    Gloria:
    Gak ada salahna belajar mengungkapkannya sama orang yang anda sayang :-)

  6. Sayang………saya butuh kamu dan saya tidak bisa hidup tanpamu…. (huaaa…haaaa. luar biasa ateh ….)

    Aku sering mendengar kata-kata seperti ini dari seorang pria maupun wanita terhadap Idamannya

    Aku pikir ini bukan cinta, melainkan haus akan cinta dan menurut aku kita tidak boleh terlalu berlebihan memberikan kasih sayang kepada idaman kita karena hasilnya adalah kesedihan, sedangkan kesedihan sumbernya adalah nafsu.

    http://www.lintongnababan.wordpress.com
    Simak…..pacaran yang yang sehat

  7. kalo q ngunkapin sayang ku ke mama q dengan cium pii n kening nya coz q jg sulit mau bilang.tp dy tau koq kalo anak nya ini sayang banget sama dia,

    tulisan U keren….

  8. rasa sayang tentunya beda dengan rasa cinta yah…??
    sayang belum berarti cinta…
    cinta sudah pasti sayang…

    rasa sayang pastinya lebih kuat dari rasa cinta…[betul gak..?]

    salam,

    bonar
    httpL//sihotang407.wordpress.com

  9. duch…aku sering lho kak ngeliatin foto seseorang, berarti aku sayang yah kak sama dia???? kwakwakwka……………

    oh ya, met tahun baru yah kakakQu sayang………..

  10. Syalom Kak…

    Tapi kadang rasa sayang itu sangat menyakitkan…
    apalagi yang kita sayangi menganggap kita ga ada…
    itulah terkadang membuat aku minder dan malu untuk menunjukkan rasa sayangku…

  11. HOraasss,… wah klo aq mah susyeh bgt mengatakan n menunjukkan rasa sayang sama ortu aq,.. secara aq tipikal anak yg introvert, cuek abis (lagak gw yg sok2an lah) tapi jujur aja aq sayang bgt sama keluargaku,..

    klo sama pacar mah tergantung,…klo dy nunjukkin saat itu,.ya gw ikutan nunjukkin,.. tapi klo dy ga nunjukkin,..yah gw mah gengsi,..kadang2 aja klo gw lagi kumat gw nunjukkin,..

    pernah suatu saat gw ngirim puisi sama dy,..sampe sekarang gw nyeselllll bgt,..cz gw koq kayaknya lebaaayyy bgt,..emang c gw lumayan bikin puisi2 yg dalem,.tapi gw langsungh mikir ni cowok pasti GR deh abis baca puisi dari gw buat dy,..-___-

    lam kenal yaaaaaa

  12. kalau sayang gak usah deh minta imbalan …
    balik disayang syukur klo nggak, matur nuwun. gitu aza.
    ngapain suping kelapa ?
    but klo bisa balas hanya ada aturannya….jgn nylonong..jgn semau gue….

    ada PEPETAH ” BERBAHAGIALAH BAGI MEREKA-MEREKA YANG DISAYANGI” dari pada di SEBELIN. hehe hehe

  13. aQ sih gampang bgt ungkapin rasa sygQ ke cewek yg bner2 aQ sayang..
    tp sygnya, kalo mO ungkapin ke Ortu, susahnya bukan main..
    hehehehe..
    tp mskipun gt, Q sayaaaaaaaaaaaang bgd ma Ayah, Ibu, n kakakQ..
    (jd curhat ne…)
    hehehehe..

  14. Wah…sayang lagi…sayang lagi….
    Kalo sayang ya tunjukin aja…ngapain disembunyi in… :-D

    Tapi emang benar lho…nunjukin rasa sayang itu paling susah sama orang yang paling kita sayang i…

    Seumur hidup, aku belum pernah bilang “Aku sayang Mama” atau “Aku sayang Bapak”. (yang aku ingat lho…kl waktu kecil aku gak ingat.) tapi aku benar2 sayang sama mereka… Aku bisa ngobrol sambil bercanda-canda kecil sama bapak sesudah aku jauh dari mereka… kl dl, asal ngomongan sama bapak, pasti ujung2nya berantam, jadinya ya jarang ngomongan…makanya dulu aku dibilang sama adek ku musuh bebuyutan ama bapak…

    btw, any way, n bus way…mantap juga tulisan mu ini go…

  15. @Jaya Afrianto
    Hehehehhe… emang banyak yang kayak kau alami tu jay, waktu masih dekat2an diem2an.. udha jauh, kangen2an..
    Gak salah lah ada ungkapan yang bilang kalo kita baru sadar akan rasa sayang itu kalo kita kehilangan org tsb (dalam arti gak di dekat kita lagi) :D

    Anyway, thanks ya jay udah berkunjung lagi.. :)

  16. menrut rha,cara nunjukin kasi sayank ittu gemAna jja…yang pnting pasangan kitta nyaman…
    qtta gk hrruss jd ngbebanin pasangan qta,,,
    it’s ok,,qta pgen passangan qta jd yg qtta pngen,tanpa harruss qta ngattur” passangan qta…this just to happyng fun,cellam qta massi mudda…

  17. quw paling senang dapat kata-kata sayang dari pacar apalagi dari dari keluarga…quw ngak pernak cuek dengan pemahaman kasih sayang, karena quw juga punya kasih sayang yang luas dan tak terbatas ma orang-orang yang sayang ma quw ataupun yang benci dengan quw.

  18. halo..
    ikut gabung ya.

    kalo aku tipe orang yang cuek dan nunjukin rasa sayang dengan ngomel2 atau ga ngatur2 orang.heehe

    baru sadar kalo sifat ku ini turunan dari ma2ku yang orang batak, bner ma2 ku jg suka2 cerewet panjang lebar.hihi
    but I love her :)

  19. aku nunjukin rasa sayang dgn cra ngsh perhatian lbih k dia, n aku harap dia jg bsa nunjukin rasa sayang dia k aku..

  20. kalau aq,,memberiikan kasih sayang aq,, cukup dengan perhatian dan hati yang tulus menyayanginya,,… kalau udah itu,, diia ga berkutik lagii dech,,, diem ajah… aq truz yg malu ma diia…. :D :) ;)

Silahkan diberi komentar ya.. Thank you!

